ANALISIS HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX (STUDI KASUS KUALITATIF PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA IHSANIYAH KOTA TEGAL) TAHUN AJARAN 2022-2023

Faby Lutsanda, . (2023) ANALISIS HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX (STUDI KASUS KUALITATIF PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA IHSANIYAH KOTA TEGAL) TAHUN AJARAN 2022-2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 4-5 - faby lutsanda.doc
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB I-III - faby lutsanda.doc
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
daftar pustaka-lampiran - faby lutsanda.docx

Download (1MB)

Abstract

LUTSANDA, FABY. 2023. Analisis Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Ix (Studi Kasus Kualitatif Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Ihsaniyah Kota Tegal) Tahun Ajaran 2022-2023 Kata Kunci: Analisis Hubungan, Ekstrakurikuler, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Peserta Didik Kelas IX Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui hubungan ektrakurikuler futsal terhadap motivasi belajar akademik dan prestasi belajar akademik peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Ihsaniyah Kota Tegal, 2. Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar akademik dan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Ihsaniyah Kota Tegal, 3. Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan ektrakurikuler futsal berhubungan terhadap motivasi belajar akademik dan prestasi belajar akademik peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Ihsaniyah Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif dengan langkah penelitian: 1. Observasi, 2. Pengumpulan Data, dan 3. Wawancara. 4. Angket. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa: 1. Ekstrakurikuler futsal memiliki hubungan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar, hal ini berdasarkan penelitian melalui wawancara yang dilakukan dengan indikator motivasi belajar dengan hasil peserta didik kelas IX yang mengikuti ekstrakurikuler futsal memiliki motivasi belajar, begitupula untuk prestasi belajar yang dibuktikan dengan ranking, 2. Dari tiga peserta didik yang menjadi subjek penelitian terlihat ketiganya memiliki tingkat motivasi yang cukup, kemudian prestasi belajar SP1 dan SP2 masuk kedalam 10 besar di kelasnya, sedangkan SP3 tidak masuk ke ranking 10 besar. 3. Faktor penyebab adanya hubungan ekstrakurikuler futsal dengan motivasi serta presatsi belajar adalah membuat peserta didik memiliki waktu jeda untuk beristirahat dari belajar, kegiatan ekstrakurikuler menjadi pendorong motivasi peserta didik dari sisi eksternal dengan menciptakan lingkungan sosial yang mendukung, lalu kemudian hal tersebut berdampak pula dalam prestasi belajarnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:41
Last Modified: 29 May 2024 07:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8191

Actions (login required)

View Item View Item