EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMADIYAH PACUL KABUPATEN TEGAL DENGAN MODEL CIPP

Erna Krisnawati, . (2024) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMADIYAH PACUL KABUPATEN TEGAL DENGAN MODEL CIPP. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS ERNA KRISNAWATI 7320800026 SELESAI - Erna Krisnawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
TESIS ERNA KRISNAWATI 7320800026 SELESAI - Erna Krisnawati-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
TESIS ERNA KRISNAWATI 7320800026 SELESAI - Erna Krisnawati-2.pdf

Download (9MB)

Abstract

Erna Krisnawati, 2024. “Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah Pacul Dengan Model CIPP”. Tesis Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Evaluasi, CIPP, Penguatan Pendidikan Karakter. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha sadar untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai kebaikan dalam rangka memanusiakan manusia, untuk memperbaiki karakter dan melatih intelektual peserta didik, agar tercipta generasi berilmu dan berkarakter yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengevaluasi keefektifan program dilihat dari konteksnya, bagaimana sarana prasarana pendukung program dilihat dari inputnya, hambatan hambatan yang dihadapi dilihat dari prosesnya dan bagaimana ketrampilan guru dilihat dari produknya dengan model CIPP(contex,input,process,product). Metodologi yang dipakai adalah metode kualitatif analisis deskriptif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (contex,input,process,product). Variable yang akan diteliti adalah variable konteks, input, proses dan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pacul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Civitas akademika dan siswa SD Muhammadiyah Pacul. Sampel dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru dan staf serta siswa kelas 5. Penentuan sampel siswa tersebut berdasarkan teori kematangan psikologi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan efektif dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pacul. Hal ini dilihat dari evaluasi konteks, ada keterkaitan antara program PPK dengan visi misi, rencana kerja jangka Panjang dan menengah SD Muhammadiyah pacul. Di lihat dari evaluasi input, SD Muhammadiyah Pacul juga mempunyai sarana dan prasarana yang memadai serta mendukung pelaksanaan program PPK. Hambatan yang ada terkait erat dengan faktor internal dan eksternal. Dilihat dari evaluasi proses, diketahui bahwa hambatan yang ada meliputi faktor eksternal terkait erat dengan budaya luar sekolah dan sikap orang tua. Faktor internal terkait dengan kemampuan guru, budaya sekolah dan terkait dengan karakter peserta didik. Dari penelitian evaluasi produk diketahui bahwa para guru memiliki ketrampilan yang memadai dan mendukung pelaksanan program PPK.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:54
Last Modified: 29 May 2024 04:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item