COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT DALAM BERMEDIA SOSIAL (ANALISIS FANS ACCOUNT NCT DREAM DI MEDIA SOSIAL X)

YOHANA IZHA PERMATA SARI, . (2024) COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT DALAM BERMEDIA SOSIAL (ANALISIS FANS ACCOUNT NCT DREAM DI MEDIA SOSIAL X). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - BAB IV - Yohana Izha Permata Sari.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB V - VII - Yohana Izha Permata Sari.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN-dikompresi - Yohana Izha Permata Sari.docx

Download (876kB)

Abstract

Yohana Izha Permata Sari. 2220600047. 2024. COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT DALAM BERMEDIA SOSIAL (Analisis Fans Account NCT Dream di Media Sosial X). Skripsi. Pembimbing I: Diryo Suparto, M.Si. Pembimbing II: Didi Permadi, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana perilaku pengguna fans account NCT Dream dalam mengungkapkan informasi pribadinya di platform media sosial X. Pengungkapan informasi pribadi dalam fans account ini menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui bagaimana pengguna fans account di kalangan penggemar NCT Dream dalam mengelola keterbukaan terhadap informasi pribadinya kepada publik yang tidak pernah ditemui dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan teori Communication Privacy Management yang dikembangkan oleh Sandra Petronio. Teori ini menyatakan bahwa setiap individu memiliki aturan dalam menentukan informasi apa saja yang pantas diungkap ke publik atau sebaiknya disimpan sebagai milik pribadi. Dengan menggunakan metode penelitian studi kasus pada sejumlah pengguna fans account di media sosial X yang memenuhi kriteria menjadi informan melalui teknik triangulasi (observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi), lima orang informan dalam penelitian ini didapatkan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen privasi yang dilakukan oleh pengguna fans account NCT Dream di media sosial X berupa penyampaian informasi privat yang meliputi domisili, citra, kehidupan sehari-hari, serta minat dan ketertarikan pada NCT Dream. Dalam mengungkapkan identitas diri ini, pengguna fans account NCT Dream juga tetap memperhatikan adanya batasan privat antara informasi yang bisa dibagikan kepada publik dan yang harus tetap menjadi milik pribadi. Setiap pengguna secara berkala mengontrol akun mereka untuk memastikan bahwa akun tersebut tetap aman dan tidak menimbulkan masalah dengan pengguna lain atau menyebabkan kebocoran informasi. Mereka juga akan mempertimbangkan dengan baik tulisan yang akan diposting dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam media sosial X. Kata kunci : Penggemar ; Privasi ; Media sosial X

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:26
Last Modified: 02 Aug 2024 03:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item