Lestari Hidayat, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI DI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Tesis Lestari Hidayat I - III - Lestari Hidayat.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
TESIS LESTARI HIDAYAT BAB IV DAN V - Lestari Hidayat.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK DAN LAMPIRAN1 - Lestari Hidayat.pdf Download (4MB) |
Abstract
Lestari Hidayat. 2023. “Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Rahmad Agung N, M.SI. Kata kunci : Media Belajar IPA, Augmented Reality. Motivasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran IPA pada materi tata surya manusia berbasis Augmented Reality untuk siswa SD kelas VI, (2) Mengetahui konstruksi validitas pengembangan media belajar IPA pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Augmented Reality, (3) Mengetahui konstruksi validitas konstrak motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi tata surya, dan (4) Mengetahui konstruksi validitas konstrak instrumen butir soal dalam pembelajaran IPA materi tata surya siswa SD kelas VI. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Produk yang dirancang dalam penelitian ini berupa aplikasi media yang dibuat berupa media pembelajaran pada smartphone Android dengan memanfaatkan Teknologi Augmented Reality. yang divalidasi dengan pemodelan Rasch. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADD (Analysis, Design and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADD (Analisis, Desain, Development) langkah pertama yakni analisis yaitu mencari data dilapangan untuk memperoleh informasi yang mendukung pengembangan media pembelajaran, desain media pembelajaran yaitu membuat peta materi, peta kompetensi, GBIM (Garis Besar Isi Media) dan naskah media pembelajaran dan development (pengembangan) media pembelajaran yaitu mengembangkan media pembelajaran sebagai software pengembangannya, (2) Konstruksi validitas pengembangan media belajar IPA pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Augmented Reality untuk siswa SD kelas VI memenuhi validitas ahli media dan validitas ahli materi, (3) Konstruksi validitas konstrak motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi tata surya telah memenuhi analisis butir tes Politmos dengan Partial Credit Model (PCM) menggunakan paket eRm dengan pemodelan Rasch pada aspek validitas isi, validitas aspek substantif dan validitas aspek struktural, (4) Konstruksi validitas konstrak instrumen butir soal dalam pembelajaran IPA materi tata surya telah memenuhi analisis butir tes Dikomos pemodelan Rasch dengan menggunakan paket eRm berbasis program R pada aspek validitas isi, validitas aspek substantif, validitas aspek struktural dan validitas aspek eksternal. Berdasarkan hasil penelitian pada pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa:Analisis kebutuhan guru dan peserta didik dalam terhadap media pembelajaran IPA materi Tata Surya menggunakan teknologi aplikasi Augmented Reality untuk siswa SD kelas VI terdiri dari (1) analisis kebutuhan siswa, (2) analisia pengguna dan (3) analisis sarana dan prasarana. Mengetahui desain pengembangan media belajar IPA pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Augmented Reality untuk siswa SD kelas VI terdiri dari (1) Pemilihan media, (2) Pemilihan Format, (3) Penyusunan Soal dan Jawaban dan (4) Merancang Media Aplikasi.Kelayakan media belajar IPA pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Augmented Reality untuk siswa SD kelas VI berdasarkan rekapitulasi dari tiga validator memperoleh validasi materi sebesar 96%. Sedangakan pada aspek media memperoleh tara-rata sebesar 93%.Efektifitas penggunaan media pembelajaran IPA pada materi Tata Surya berbasis aplikasi Augmented Reality untuk siswa SD kelas VI dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa antara hasil pre test dan post test kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 20% menjadi 70%
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:29 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9274 |
Actions (login required)
View Item |