Kholidin, . (2024) PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SDN SE-KECAMATAN PANGKAH. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
1. COVER SAMPAI BAB III - Kholidin 83.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. BAB IV SAMPAI BAB V - Kholidin 83.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA SAMPAI LAMPIRAN_compressed - Kholidin 83.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kholidin. 2024. “Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD Negeri Se- Kecamatan Pangkah”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum, Pembimbing II Dr. Tri Mulyono, M. Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar, Minat Belajar. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar Siswa SD Negeri Se-Kecamatan Pangkah, (2)Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa SD Negeri Se-Kecamatan Pangkah, dan (3) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Siswa SD Negeri Se-Kecamatan Pangkah. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif berbentuk hubungan kausal, dimana peneliti fokus untuk menyelidiki pengaruh tingkat pendidikan orangtua, fasilitas belajar, dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Se-Kecamatan Pangkah. Tempat penelitian di SD se-Kecamatan Pangkah. Waktu penelitian pada bulan Juni 2024. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pangkah. Sampel penelitian ini ada 66 orang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, Variabel tingkat pendidikan orang tua (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai koefisien 0,349 dan nilai thitung adalah 2.676 > ttabel 1,998. Kedua, Variabel fasilitas belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,418 dan nilai thitung adalah 4,435 > ttabel 1,998. Ketiga, Variabel minat belajar (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai koefisien sebesar 0,161 dan nilai thitung adalah 2,258 > ttabel 1,998. Berdasarkan hasil penelitian terlihat sebagian besar orang tua memiliki tingkat pendidikan rendah yang memberikan kontribusi terhadap persepsi orang tua terkait pendidikan anak. Sebaiknya kita sebagai penerus lebih meningkatkan pendidikan agar kelak dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada penerus. Selanjutnya perlu disarankan bagi sekolah agar melengkapi semua fasilitas belajar seperti pada indikator tersedianya alat bantu yang masih kurang baik. Sementara itu untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran dengan cara merubah pola belajar dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Selain itu perlu diberikan masukan- masukan mengenai pentingnya pembelajaran dalam lingkungan sosial agar siswa lebih termotivasi dan terpacu dalam belajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:51 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:51 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9277 |
Actions (login required)
View Item |