NOVIANA RISMAWATI, . (2024) KOMPARASI COMMUNICATION SKILL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DI SMA AL-IRSYAD TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB 3 - Noviana Rismawati.docx Download (452kB) |
|
Text
BAB 4 - BAB 5 - Noviana Rismawati.docx Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Noviana Rismawati.docx Download (3MB) |
Abstract
Rismawati, Noviana. 2024. Komparasi Communication Skill Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Perbedaan Gender Melalui Model Cooperative Learning di SMA Al-Irsyad Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Dewi Amaliah N., S.Pd., M.Si. Pembimbing II : Tomi Azami, M.Pd. Kata Kunci : Communication Skill, Cooperative Learning, Gender Peran guru untuk meningkatkan communication skill berdasarkan gender peserta didik pada saat pembelajaran Ekonomi di sekolah memiliki pengaruh besar di kelas. Upaya mengondisikan kelas dan meningkatkan communication skill peserta didik berdasarkan gender terdapat perbedaan. Guru harus mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk menentukan keberhasilan pembelajaran. Model Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menyusun argumen, dan bekerja sama untuk memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model Cooperative Learning dapat mengoptimalkan communication skill peserta didik serta untuk mengetahui communication skill peserta didik berdasarkan gender pada saat pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen. Populasi penelitian ini kelas X SMA Al-Irsyad Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan yang sama tiap sampel. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan communication skill berdasarkan gender peserta didik pada saat pembelajaran Ekonomi dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,016 < 0,05. Model Cooperative Learning dapat mengoptimalkan communication skill peserta didik dilihat dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Saran penelitian ini kepada guru perlu adanya inovasi pembelajaran serta kemampuan pengelolaan kelas berdasarkan gender dengan berbagai metode dan strategi yang dapat menyetarakan communication skill berdasarkan gender peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai faktor yang mempengaruhi communication skill peserta didik berdasarkan gender. Serta saran bagi sekolah yaitu Sekolah perlu mengadakan pelatihan rutin bagi guru untuk mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik berdasarkan gender pada saat pembelajaran. Hal ini bisa mencakup teknik pengelolaan kelas yang baik serta penggunaan teknologi untuk mendukung komunikasi peserta didik pada saat pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 01:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 01:15 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9404 |
Actions (login required)
View Item |