FITRI AULIYA, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN M E DIA DIG I TA L BE RB AS IS KO NTEK ST UA L U NT UK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 Materi Data dan Diagram). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB 3_FITRI AULIYA_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FKIP_UPS TEGAL_2024 - Fitri Auliya.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_FITRI AULIYA_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FKIP_UPS TEGAL_2024 - Fitri Auliya.pdf Download (7MB) |
|
Text
BAB 4 - BAB 5_FITRI AULIYA_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FKIP_UPS TEGAL_2024 - Fitri Auliya.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Auliya, Fitri. 2024. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Media Digital Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 Materi Data dan Diagram). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, Media Digital, Kemampuan Berpikir Kritis Permasalahan kontekstual dalam pembelajaran matematika kurang maksimal yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menjelaskan proses pengembangan bahan ajar matematika menggunakan media digital berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi data dan diagram yang valid. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tegal. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dengan teknik Purposive Sampling. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap analisis untuk mengetahui kebutuhan siswa dan masalah. Tahap desain untuk menyusun bahan ajar. Tahap pengembangan dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar dan menguji validitas serta keterbacaan produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket validasi. Observasi dan wawancara dilakukan pada 11 Desember 2023 untuk tahap analisis, sedangkan angket validasi untuk menguji validitas bahan ajar yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh lima dosen ahli dan dua guru matematika. Validitas bahan ajar dinilai dari penilaian validator dengan skor maksimal 4 untuk setiap aspek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian bahan ajar dari validator sebesar 3,79 termasuk dalam kriteria valid serta keterbacaan produk menunjukkan bahwa bahan ajar dapat dibaca dengan baik oleh siswa. Kesimpulannya adalah bahan ajar yang dikembangkan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:16 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9420 |
Actions (login required)
View Item |