EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Ikhlas Losari Brebes Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika)

SANDI PRATAMA, . (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Ikhlas Losari Brebes Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER sampai BAB 3 - Sandi Pratama.docx

Download (622kB)
[img] Text
BAB 4 sampai BAB 5 - Sandi Pratama.docx
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Sandi Pratama.docx

Download (2MB)

Abstract

Pratama, Sandi. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Ikhlas Losari Brebes Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M. Pd. Pembimbing II : Hj. Isnani, M. Pd., M. Si. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Berpikir Kritis, MTs Al-Ikhlas Losari Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional sekolah, 2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan perlakuan model PBL lebih baik dibanding model konvensional sekolah. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel diambil menggunakan purposive sampling, didapatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t-independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa dengan penerapan model PBL dan model konvensional sekolah, 2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan perlakuan model PBL lebih baik dibanding model konvensional sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:17
Last Modified: 03 Oct 2024 02:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item