NILAI MORAL DALAM FILM IMPERFECT KARYA ERNEST PRAKASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

BERLIANA DWI FEBRIANTI, . (2024) NILAI MORAL DALAM FILM IMPERFECT KARYA ERNEST PRAKASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COPY BAB 1-3 - berliaanadf.docx

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI COPY BAB 4-5 - berliaanadf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
DAFPUS dan LAMPIRAN - berliaanadf.docx

Download (1MB)

Abstract

FEBRIANTI, BERLIANA DWI. 2024. “Nilai Moral dalam Film Imperfect Karya Ernest Prakasa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Leli Triana, S.S., M.Pd. Kata Kunci : Nilai moral, Film Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan, Implikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa dan untuk mendeskripsikan implikasi pembelajaran nilai moral dalam film Imperfect di SMA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode deskripitif. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Imperfect karya Ernest Prakasa. Wujud data dalam penelitian ini adalah dialog tokoh yang mengggambarkan tentang nilai moral. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat menggunakan metode hermeneutik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berarti bahwa penulis melakukan penelitian dengan cara menyeleksi, mengklasifikasi, menafsirkan, dan memaknai data kemudian mengambil kesimpulan. Teknik penyajian hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Imperfect karya Ernest Prakasa memiliki 3 jenis nilai moral, yaitu nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri ditemukan 15 data (47%), nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain ditemukan 13 data (41%), dan nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya ditemukan 4 data (12%). Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, khususnya pada materi drama kelas XI kurikulum merdeka Fase E. Saran dalam penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan menjadi salah satu alternatif sebagai materi ajar khususnya pembahasan tentang menelaah teks drama yang berbentuk naskah ataupun pentas, sehingga pembelajaran bahasa Indonesia dapat bervariasi, menyenangkan, dan tidak membosankan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:17
Last Modified: 03 Oct 2024 02:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9427

Actions (login required)

View Item View Item