FAYZA NUR RAHMAWATI, . (2024) GAYA BAHASA SARKASME DALAM FILM “96 JAM” DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB 3 SKRIPSI - Fayza Nur Rahmawati.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB 4 DAN 5 - Fayza Nur Rahmawati.docx Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
DAPUS DAN LAMPIRAN - Fayza Nur Rahmawati.docx Download (1MB) |
Abstract
RAHMAWATI, NUR FAYZA. 2024. Gaya Bahasa Sarkasme dalam Film 96 Jam dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II : Dr. Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata kunci: Gaya bahasa sarkasme, jenis, fungsi, film 96 Jam, pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menganalisis gaya bahasa sarkasme yang terdapat dalam film 96 Jam dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa sarkasme, mendeskripsikan fungsi gaya bahasa sarkasme yang terdapat pada film 96 Jam, serta mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya berupa film “96 Jam”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 105 data jenis dan fungsi gaya bahasa sarkasme dalam film 96 Jam. Data jenis gaya bahasa sebutan terdapat 28 data (55%), jenis gaya bahasa sarkasme sifat terdiri dari 18 data (39%), dan jenis gaya bahasa sarkasme like ‘prefixed terdiri dari 1 data (2%) dan sarkasme ilokusi terdapat 2 data (4%). Data fungsi gaya bahasa sarkasme penyampaian penolakan terdiri dari 3 data, penyampaian informasi terdiri dari 4 data, penyampaian larangan terdiri dari 7 data, penyampaian penegasan terdiri dari 9 data, penyampaian perintah terdiri dari 12 data, penyampaian pertanyaan terdiri dari 7 data, penyampaian pernyataan persamaan terdiri dari 4 data, penyampaian perbandingan terdiri dari 3 data dan penyampaian sapaan terdiri dari 6 data. Hasil penelitian menunjukkan jenis sarkasme sebutan dan fungsi penyampaian perintah lebih dominan, dikarenakan hasil yang di dapat lebih tinggi dari jenis dan fungsi sarkasme lainnya. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada materi teks drama kelas XI Fase F kurikulum merdeka.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:06 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:06 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9524 |
Actions (login required)
View Item |