STUDI KASUS PSYCHOLOGICAL WELL BEING RENDAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII YANG MELAKUKAN SELF INJURY DI SMP NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2023/2024

BILQIS ISTIFARA KHANSA, . (2024) STUDI KASUS PSYCHOLOGICAL WELL BEING RENDAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII YANG MELAKUKAN SELF INJURY DI SMP NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI - BILQIS ISTIFARA KHANSA (COVER - BAB 3) - Bilqis Istifara Khansa.docx

Download (428kB)
[img] Text
SKRIPSI - BILQIS ISTIFARA KHANSA (BAB 4 - 5) - Bilqis Istifara Khansa.docx

Download (377kB)
[img] Text
DAPUS - LAMPIRAN (BILQIS ISTIFARA KHANSA) - Bilqis Istifara Khansa.docx

Download (3MB)

Abstract

Khansa, Istifara Bilqis. 2024. Studi Kasus Psychological well being rendah pada Peserta Didik Kelas VII yang melakukan dengan Self Injury di SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Sri Adi Nurhayati, S.Psi., M.M Pembimbing II : M. Aris Rofiqi, M.Si Kata Kunci : Psychological well being, self injury, perkembangan peserta didik Fenomena self injury sering muncul akhir-akhir ini, beberapa dari pelaku self injury adalah remaja. Salah satu faktor penyebab melakukan self injury adalah psychological well being yang rendah. Tingkat psychological well being yang rendah mendorong seseorang mengambil keputusan yang seharusnya tidak dilakukan, contohnya self injury. Psychological well being merupakan keadaan dimana seseorang mampu menyelesaikan permasalahan yang mereka miliki dengan baik dan memiliki cara yang efektif untuk beradaptasi dalam situasi yang sulit. Sedangkan, self injury adalah suatu tindakan melukai diri yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja tanpa memiliki niatan bunuh diri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penyebab self injury, sensasi yang dirasakan oleh pelaku self injury, serta psychological well being rendah pada peserta didik yang melakukan self injury. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sedangkan sumber datanya berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kepada responden, wawancara mendalam kepada responden, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut, pertama yaitu faktor penyebab peserta didik melakukan tindakan melukai diri atau self injury yaitu faktor keluarga yang menyebabkan mereka stress sehingga mereka melakukan self injury. Kedua, sensasi yang dirasakan oleh peserta didik yang melakukan self injury yaitu mereka merasa tenang. Ketiga, hubungan psychological well being dengan self injury yaitu hubungannya berlawanan, karena jika tingkat psychological well being rendah maka tingkat self injury tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kedua responden melakukan self injury yaitu faktor keluarga, sedangkan sensasi yang mereka rasakan yaitu merasa tenang. Selain itu, tingkat psychological well being yang rendah dapat mendorong seseorang untuk mengambil keputusan yang seharusnya tidak mereka lakukan seperti self injury.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:07
Last Modified: 08 Oct 2024 03:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9531

Actions (login required)

View Item View Item