PUTI AFIFAH AZZAH, . (2024) ANALISIS REPRESENTASI PERAN ORANG TUA DALAM FILM SABTU BERSAMA BAPAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI BAB 1-3_ PUTI AFIFAH AZZAH - Puti Afifah Azzah.docx Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 4-5 _ PUTI AFIFAH AZZAH - Puti Afifah Azzah.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN - PUTI AFIFAH AZZAH - Puti Afifah Azzah.docx Download (4MB) |
Abstract
Azzah, Puti Afifah. 2024. Analisis Representasi Peran Orang Tua dalam Film Sabtu Bersama Bapak dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd. Kata kunci: : Representasi, Peran Orang tua, Film, Implikasi Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk representasi peran orang tua dalam film Sabtu Bersama Bapak serta mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber penelitian ini adalah film Sabtu Bersama Bapak. Wujud data pada penelitian ini adalah berupa potongan scene, gambar, penggalan dialog dan kalimat yang menggambarkan bentuk representasi peran orang tua dalam film Sabtu Bersama Bapak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, rekam dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif Deskriptif dengan analisis Semiotika Roland Bathers. Penyajian hasil analisis ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian analisis representasi peran orang tua dalam film Sabtu Bersama Bapak ditemukan terdapat representasi peran orang tua sebanyak 2 data (20%) peran orang tua dalam aspek mendampingi, 2 data (20%) peran orang tua dalam aspek menjalin komunikasi yang baik, 1 data (10%) peran orang tua dalam aspek memberikan kesempatan, 1 data (10%) peran orang tua dalam aspek mengawasi, 3 data (30%) peran orang tua dalam aspek mendukung dan memberikan motivasi, 1 data (10%) peran orang tua dalam mengarahkan dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian analisis represetasi peran orang tua ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di Semester 2 pada materi pembelajaran menganalisis unsur-unsur drama, Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran (CP) peserta didik mampu mampu menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam pementasan drama. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk lebih memahami unsur-unsur pembangun Drama. Guru dapat mengimplikasikan sebagai bahan pembelajaran sastra Indonesia khususnya di SMA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:08 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9544 |
Actions (login required)
View Item |