IMPLEMENTASI TES PENALARAN ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SEBAGAI ASSESSMENT AS LEARNING PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI IPA (Studi Survei pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024)

AFIDA NURUL SABILLA, . (2024) IMPLEMENTASI TES PENALARAN ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SEBAGAI ASSESSMENT AS LEARNING PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI IPA (Studi Survei pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3_SKRIPSI AFIDA NURUL SABILLA_1820600024 PENDIDIKAN IPA - Afida Nurul Sabilla.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5_SKRIPSI AFIDA NURUL SABILLA_1820600024_PENDIDIKAN IPA - Afida Nurul Sabilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_SKRIPSI AFIDA NURUL SABILLA_1820600024_PENDIDIKAN IPA_compressed - Afida Nurul Sabilla.pdf

Download (5MB)

Abstract

SABILLA, AFIDA NURUL. 2024. Implementasi Tes Penalaran Ilmiah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP sebagai Assessment as Learning Pembelajaran Berdiferensiasi IPA (Studi Survei pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata kunci: Tes penalaran ilmiah, validitas tes, profil penalaran ilmiah Tujuan penelitian untuk : (1) mengukur validitas tes penalaran ilmiah pada peserta didik kelas VIII SMP sebagai assessment as learning pembelajaran berdiferensiasi IPA, (2) mendeskripsikan profil penalaran ilmiah pada peserta didik kelas VIII SMP sebagai assessment as learning pembelajaran berdiferensiasi IPA. Penelitian kuantitatif metode deskriptif eksploratif dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling dari seluruh populasi yang ada. Proses pengambilan data menggunakan soal tes penalaran ilmiah dengan media google form dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan permodelan Rasch berbantuan aplikasi R Studio dan SPSS 25 dalam mengukur validitas tes penalaran ilmiah, dan menggunakan penskoran manual berbantuan aplikasi Microsoft Excell dalam mendeskripsikan profil penalaran ilmiah. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Setiap butir tes penalaran ilmiah mencukupi validitas tes yang diukur melalui aspek isi, psikometri, dan konstruk. Pengukuran validitas konstruk memberikan hasil: (a) uji tingkat kesukaran pada butir tes penalaran ilmiah seimbang dan tes dianggap baik, (b) uji item fit per indikator dalam tes penalaran ilmiah bersifat fit atau normal, (c) uji person fit menunjukkan terdapat 1 dari 252 peserta didik dianggap tidak fit dan mempunyai pemahaman kurang pada penalaran ilmiah, (d) tes penalaran ilmiah bersifat unidimensi. (2) Peserta didik memberikan hasil pada profil penalaran ilmiah sebagai berikut: (a) peserta didik lebih dominan pada tingkatan basic dalam penalaran ilmiah, (b) peserta didik lebih banyak menjawab pada indikator aplikasi informasi dan menjawab sedikit pada indikator pengukuran. Saran yang diperlukan pada penelitian yaitu memberikan soal tes penalaran ilmiah yang lebih bervariatif untuk peserta didik. viii

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:21
Last Modified: 09 Oct 2024 01:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item