NUR ATIKA, . (2024) EFEKTIVITAS MODEL PJBL BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI CAMPURAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
FILE SKRIPSI COVER-BAB 3 - Nur Atika.docx Download (1MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI BAB 4-5 - Nur Atika.docx Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
FILE SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Nur Atika.pdf.docx Download (12MB) |
Abstract
ATIKA, NUR. 2024. Efektivitas Model PJBL Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Campuran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Bayu Widiyanto, M.Si Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci: PJBL, Berdiferensiasi, Berpikir Kreatif, Campuran Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan (1) Efektivitas model PJBL berdiferensiasi dengan yang tidak berdiferensiasi pada materi campuran terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMP, (2) Respon peserta didik yang mendapatkan model PJBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan yang mendapatkan model PJBL pada materi campuran, (3) Hasil belajar antara gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada kelas eksperimen yang diterapkan model PJBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain control group pretest and posttest. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII A dan VIIIB, dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif (pretest-posttest), lembar observasi, angket respon peserta didik. Hasil penelitian: (1) Terdapat perbedaan efektivitas model PJBL berdiferensiasi dengan yang tidak berdiferensiasi pada materi campuran terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMP. Perolehan rata-rata N-Gain skor model PJBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi 70% , didukung ketuntasan klasikal 97%, dan hasil observasi 85% (sangat kreatif), sementara model PJBL memperoleh rata-rata N-Gain skor 57%, ketuntasan klasikal 64,5%, dan hasil observasi 75% (kreatif), (2) Terdapat perbedaan respon peserta didik yang mendapatkan model PJBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan yang mendapatkan model PJBL pada materi campuran. Model PJBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi memperoleh presentase 84% (sangat baik), sementara model PJBL hanya 75% (baik), (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada kelas eksperimen yang diterapkan model PJBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Namun secara deskriptif, gaya belajar visual memperoleh hasil paling baik dengan rata-rata N-Gain 0,74.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:18 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9732 |
Actions (login required)
View Item |