LIZA NUR FAUZIYAH, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STATISTIKA LANJUT (Suatu Penelitian di SMA Ihsaniyah Tegal Kelas XI, Semester II, Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
LIZA NUR FAUZIYAH(COVER-BAB 3) - Liza.docx Download (1MB) |
|
Text
LIZA NUR FAUZIYAH (BAB 4 - BAB 5) - Liza.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
LIZA NUR FAUZIYAH (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN) - Liza.docx Download (1MB) |
Abstract
Nur Fauziyah, Liza. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Statistika Lanjut. Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I : Dra. Eleonora DW, M.Pd Pembimbing II : Ahmadi, S.Pd., M.Si Kata kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Statistika Lanjut Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat siswa dalam belajar statistika, 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa dalam memahami materi statistika, 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam belajar statistika Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Ihsaniyah Tegal yang terdiri atas 84 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang akan diambil 3 kelas dari 4 kelas. Saat penelitian berlangsung peneliti menggunakan dua kelas yang mana satu diberi perlakuan dan satunya tidak diberi perlakuan. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk minat belajar, tes untuk hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah, uji anava satu arah, uji mann whitney, uji t, dan uji manova one way dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Penggunaan pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap minat siswa mempelajari materi statistika lanjut, 2) Penggunaan pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mempelajari materi statistika lanjut, 3) Penggunaan pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa mempelajari materi statistika lanjut
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9748 |
Actions (login required)
View Item |