THE EFFECT OF SQ4R METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT (An Experimental Research at the Eleventh Grade of SMK PGRI 2 Taman in Academic Year 2023/2024)

HILWA AZZAHRO SALSABILLAH, . (2024) THE EFFECT OF SQ4R METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT (An Experimental Research at the Eleventh Grade of SMK PGRI 2 Taman in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1-3 - hilwa azzahro salsabillah.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB 4-5 - hilwa azzahro salsabillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
REFERENCES-APPENDICES - hilwa azzahro salsabillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

SALSABILLAH, HILWA AZZAHRO. 2024. The Effect of SQ4R Method on Students' Reading Comprehension in Narrative Text (An Experimental Research at the Eleventh Grade of SMK PGRI 2 Taman in AcademicYear 2023/2024). Proyek Penelitian. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama : H. Sumartono, M.Pd. Pembimbing Kedua : Fajar Prihatini, M.Pd. Kata Kunci: Metode SQ4R, Pemahaman Membaca, Teks Naratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan membaca antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode SQ4R dengan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan metode SQ4R dan bagaimana tanggapan siswa mengenai penggunaan metode SQ4R sebagai metode pembelajaran pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan desain true eksperimen, yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman dengan jumlah 569 siswa, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes membaca dan kuesioner. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 87,29 mengungguli kelas kontrol sebesar 72,71. Berdasarkan hasil uji-t, paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari (<) 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui kuesioner yang disebarkan, mayoritas siswa juga setuju bahwa metode SQ4R dapat meningkatkan pemahaman membaca dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kesimpulannya, penggunaan metode SQ4R sebagai metode pembelajaran berpengaruh positif terhadap pemahaman membaca siswa. Penelitian ini menyarankan agar siswa diberikan waktu tambahan untuk berlatih memahami bacaan di rumah atau di sekolah dengan menggunakan metode seperti metode SQ4R. Guru juga disarankan untuk menggunakan metode yang tepat untuk mendukung pembelajaran pemahaman membaca bahasa Inggris siswa

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:35
Last Modified: 17 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9840

Actions (login required)

View Item View Item