SEPTIANGGI KERTADINATA, . (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR (Studi Penelitian Kualitatif Kelas VIII SMP N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
SKRIPSI Anggi BAB 1 sampai BAB 3 - SeptiAnggi Kertadinatha.docx Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Anggi BAB 4 sampai BAB 5 - SeptiAnggi Kertadinatha.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka - SeptiAnggi Kertadinatha.docx Download (8MB) |
Abstract
KERTADINATA, SEPTIANGGI. 2023. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Pada Materi Operasi Aljabar (Studi Penelitian Kualitatif Kelas VIII SMP N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2022/2023)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hj. Isnani, M. Si., M. Pd. Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Kata kunci : Analisis, Koneksi Matematis, Aljabar, Peserta Didik. Latar Belakang Penelitian ini adalah menumbuhkan pemahaman di setiap permasalahan pada mata pelajaran matematika, dengan adanya konektifitas atau pemahaman peserta didik, baik dari segi konsep, topik permasalahan dan prosedur penyelesaian. Maka akan dilakukan studi penelitian dengan judul “ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menggambarkan gambaran yang secara nyata dan cermat tentang bagaimana kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi operasi aljabar. Dalam proses pembelajaran baik secara formal di sekolah maupun secara informal dirumah, menunjukkan bahwa Peserta didik kurang mampu untuk memahami suatu masalah dalam belajar terutama kaitannya dengan mata pelajaran matematika. Peserta didik menilai bahwa mata pelajaran operasi aljabar merupakan salah satu sub bab matematika yang termasuk sulit dan sukar, sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, peserta didik kurang memahami dan menguasai materi operasi aljabar. Terutama pada operasi hitung aljabar, menyamakan penyebut ataupun menyederhanakan suatu suku ataupun bilangan. Dalam mengerjakan soal-soal, mereka lebih berfokus untuk sekedar selesai saja, tanpa memperhatikan metode ataupun prosedur pengerjaan yang baik. Peserta didik juga kesulitan untuk memahami dan menghubungkan suatu konsep prosedur yang sama ke dalam soal yang berbeda.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Handri . . |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:39 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |