Amandha, Vikyh Putera (2025) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME LUXY DOMINO PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK NU 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Vikyh_Bimbingan Konseling_Skripsi cover-bab 3- Vikyh Amandha Official.docx Download (838kB) |
![]() |
Text
Vikyh_Bimbingan Konseling_Skripsi bab 4-bab 5- Vikyh Amandha Official.docx Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
Vikyh_Bimbingan Konseling_Skripsi dapus-lampiran - Vikyh Amandha Official.docx Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Putera, Amandha, Vikyh. 2024. Efektivitas Teknik Self Management Untuk Mereduksi Kecanduan Game Luxy Domino Pada Peserta Didik Kelas XI TKRO Di SMK NU 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Pembimbing I Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd Pembimbing II M. Arif Budiman S, M.Pd Kata Kunci : Kecanduan game, Self management, Peserta didik Penelitian ini di latar belakangi oleh kecanduan game luxy domino pada peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan game luxy domino sebelum di lakukan konseling kelompok dengan teknik self management, tingkat kecanduan game luxy domino sesudah di lakukan konseling kelompok dengan teknik self management, dan seberapa efektif teknik self management untuk mereduksi kecanduan game luxy domino pada peserta didik kelas XI TKRO di SMK NU 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun 2024. Metode yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mengutamakan angka data dan bersifat statistik. Fokus utama penelitian adalah menilai efektif teknik self management untuk mereduksi kecanduan game luxy domino pada peserta didik kelas XI TKRO di SMK NU 1 Adiwerna. Penelitian ini menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini memiliki 30 peserta didik berjenis kelamin laki-laki dan sampel nya menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat 11 peserta didik yang mengalami kecanduan game luxy domino setelah di laksanakannya pre-test dengan skor 151-168 masuk ke dalam kategori dengan skor tinggi dan sangat tinggi. Setelah dilakanakan konseling kelompok dengan teknik self management maka hasil post-test menjadi 7 peserta didik dengan presentae 57% tergolong kedalam kategori rendah dan 4 peserta didik denga presentase 43% tergolong kedalam kategori sangat rendah. Saran kepada guru dan orang tua bisa memberikan perhatian lebih terhadap peserta didik atau anak mengenai bermain smartphone dan untuk peserta didik atau pengguna game luxy domino gunakan waktu senggang untuk hal yang positif seperti belajar dan bersosialisasi. ABSTRACT Putera, Amandha, Vikyh. 2024. “The Effectiveness of Self-Management Technique in Reducing Luxy Domino Game Addiction Among XI TKRO Students at SMK NU 1 Adiwerna, Tegal Regency.” Supervisor I: Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd Supervisor II: M. Arif Budiman S, M.Pd Keywords: Game addiction, Self-management, Students This research is motivated by the addiction to the Luxy Domino game among students of the XI Automotive Light Vehicle Engineering class, with the aim of identifying the level of addiction to the Luxy Domino game before group counseling using the self-management technique, the level of addiction after group counseling with the self-management technique, and how effective the self-management technique is in reducing addiction to the Luxy Domino game among students of XI TKRO at SMK NU 1 Adiwerna, Tegal Regency in 2024. The research method used in this study employs a quantitative approach, prioritizing numerical data and statistics. The main focus of the research is to assess the effectiveness of the self-management technique in reducing the Luxy Domino game addiction among XI TKRO students at SMK NU 1 Adiwerna. This research uses a one-group pre-test post-test design. The population in this study consists of 30 male students, and the sample was selected using purposive sampling. The results of the study show that 11 students experienced Luxy Domino game addiction after the pre-test, with scores of, falling into the high and very high score categories. After group counseling using the self-management technique or post-test, the results, which fall into the low category
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Handri . . |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 02:09 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 02:09 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |