PENGARUH BUDAYA SEKOLAH GURU YANG TERSERTIFIKASI PENDIDIK DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMK SWASTA KABUPATEN TEGAL

Sofyan Effendi, . (2025) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH GURU YANG TERSERTIFIKASI PENDIDIK DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMK SWASTA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SOFYAN E_MPedagogik_TESIS_COVER -BAB 1-3 - SOFYAN EFFENDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SOFYAN E_MPedagogik_TESIS_BAB 4-5 - SOFYAN EFFENDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SOFYAN E_MPEDAGOGIK_DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - SOFYAN EFFENDI.docx

Download (646kB)

Abstract

Effendi, Sofyan. 2025. “Pengaruh Budaya Sekolah Guru Tersertifikasi Pendidik dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik guru di SMK Swasta Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Yoga Prihatin, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Munthoha Nasukha, M.Pd Kata Kunci: budaya sekolah, supervisi akademik, kompetensi pedagogi Kualitas pendidikan di tingkat sekolah (pembelajaran) dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan tugas, sehingga kompetensi pedagogic guru merupakan salah satu hal penting untuk mencapai keberhasilan pendidikan. Kompetensi pedagogic merupakan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik meliputi: pemahaman yang mendalam tentang landasan kependidikan, kemampuan memahami peserta didik bukan hanya tentang mengetahui kemampuan akademik mereka, tetapi juga meliputi aspek emosional, sosial, dan budaya yang membentuk pengalaman belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; mengetahui pengaruh budaya sekolah guru tersertifikasi pendidik supervise akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogi. Kompetensi pedagogi guru tersertifkasi pendidik di Kabupaten Tegal, memiliki beberapa permasalahan diantaranya tidak disiplin waktu, persiapan pembelajaran belum optimal, dan guru perlu meningkatkan strategi pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran yang bervariasi agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan berkesan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrument penelitiannya. Lokasi penelitian di SMK Bhakti Praja Slawi dan SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang terdiri dari guru tersertifikasi pendidik. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 10.7% kompetensi pedagogi guru dipengaruhi oleh budaya sekolah, 10% dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala sekolah, 17% dipengaruhi oleh budaya sekolah dan supervisi akademik kepala sekolah secara simultan. Belrdasarkan hasil pelnellitian ini maka didapatkan selbuah moldell bahwa upaya pelningkatan kolmpeltelnsi peldagolgik guru dapat diupayakan mellalui pelndelkatan manajelrial mellalui olptimalisasi supelrvisi akadelmik kelpala selkollah dan olptimalisasi budaya selkollah yang ada. Simpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Budaya sekolah secara parsial berpengaruh terhadap kompetensi pedagogi, 2) Supervisi akademik kepala sekolah secara parsial berpengaruh terhadap kompetensi pedagogi, 3) budaya sekolah dan supervisi akademik secara simultan berpengaruh terhadap kompetensi pedagogi. Guru diharapkan lelbih melngelmbangkan kolmpeltelnsi yang dimiliki utamanya pelrilaku solsial guru dalam rangka melnciptakan pelmbellajaran yang melndidik, kelpala Selkollah diharapkan lelbih melningkatkan kelgiatan supelrvisi delngan cara melmpelrbaiki meltoldel pada pellaksanaan kelgiatan supelrvisi akadelmik kelpala selkollah.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:46
Last Modified: 18 Feb 2025 06:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

View Item View Item