MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE C PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Septiana Nur Pratiwi, . (2025) MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE C PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Bab3 - Septiana Pratiwi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Bab4 & Bab5 - Septiana Pratiwi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka & Lampiran - Septiana Pratiwi.pdf

Download (8MB)

Abstract

Septiana Nur Pratiwi. 2025. “Model Asesmen Kelulusan Fase C Mata Pelajaran Matematika”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Munadi, M.Si. Kata Kunci: asesmen, kelulusan fase C, matematika Penelitian ini betujuan 1) menganalisis kebutuhan guru terhadap model asesmen kelulusan fase C pada mata pelajaran matematika, 2) menyusun model instrumen tes kelulusan fase C matematika yang efektif dan efisien, 3) membuktikan validitas model instrumen kelulusan fase C pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan validitas messick dengan pendekatan model Rasch. Dalam mengembangkan dan menganalisis instrumen menggunakan validitas Messick (1996) pendekatan yang dilakukan terdiri dari lima aspek meliputi isi, substantif, struktur, eksternal, dan konsekuensial. Instrumen tes matematika ini meliputi materi bilangan, aljabar, pengukuran, geometri, analisis data dan peluang yang disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir sebanyak 30 soal. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain penelitian menggunakan model prosedur ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 156 siswa kelas VI dari 5 SD Negeri di dalam naungan Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Butir-butir instrumen tes kemampuan kelulusan fase C pada mata pelajaran matematika dari aspek isi dan aspek psikometri terbukti valid berdasarkan formula Aiken Validity. Analisis data dengan Rasch model pada R programming version 4.4.2 memberikan hasil: (1) Pada taraf kepercayaan 100%, ada 30 butir yang cocok dengan pemodelan; (2) Tingkat kesukaran butir berada pada range -2 hingga 2, artinya butir-butir tes tersebut cocok untuk semua kemampuan peserta tes, dan masuk dalam kategori baik; (3) Pada taraf kepercayaan 98,72% taraf kemampuan peserta tes, sebanyak 154 respons siswa cocok dengan pemodelan; (4) Hasil uji kelayakan model, validitas substantif dikatakan valid dan layak dipakai. Hasil output Goodness of Fit adalah sebagai berikut: uji Collapse Deviance 0,030, Hosmer-Lemeshow 0,488, dan Casewise Deviance 0,000. P-value yang lebih dari 0,01 memenuhi uji kelayakan model seperti Collapse Deviance. Selain itu, nilai p- value untuk akurasi sebesar 67,6%, sensitivitas sebesar 66,0%, dan spesifisitas sebesar 0,692 yang artinya semua mendekati dari nilai 1,0; (5) Validitas aspek struktural uji unidimensi menjelaskan 1,95% variasi dan grafik scree plot turun melandai sehingga dapat dipastikan bahwa Ho diterima dan tes mengandung satu dimensi, 6) Uji invariansi Anderson LR test p-value sebesar 0, Ho ditolak sehingga parameter bersifat invariant, (7) 100%, tidak ada butir yang mengandung DIF, artinya tidak ada bias berdasarkan jenis kelamin. Berdasarkan pertimbangan semua aspek validitas, 30 butir tes layak digunakan sebagai butir tes yang mengukur kemampuan kelulusan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:47
Last Modified: 18 Feb 2025 06:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item