Lutfiana Azizah, . (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL OLEH GURU BAHASA JAWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER - BAB 3 - Lutfiana Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
![]() |
Text
BAB 4-5 - Lutfiana Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Lutfiana Azizah.pdf Download (706kB) |
Abstract
Lutfiana Azizah, 2024. “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional Oleh Guru Bahasa Jawa SMP Negeri Se-Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2023/2024”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd., Pembimbing II Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Sosial Emosional, Guru Bahasa Jawa Pentingnya perkembangan sosial emosional anak dalam proses pembelajaran. Pembelajaran sosial emosional (PSE) dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan interpersonal maka perlu diterapkan pada setiap mata pelajaran termasuk bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi PSE, kendala-kendala saat pelaksanaan PSE, dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala penerapan PSE oleh guru bahasa Jawa SMP Negeri se-Kecamatan Pemalang, serta hasil dari pengimplementasian PSE di sekolah-sekolah tersebut.. Metode Peneltian ini menggunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer berupa hasil observasi dan data dari hasil wawancara langsung dan data sekunder berupa dokumen modul ajar dan dokumen kurikulum sekolah. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan awal pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jawa SMP Negeri se-Kecamatan Pemalang telah melaksanakan PSE yang terintegrasi pada pembelajaran dengan menggunakan metode/strategi diskusi kelompok dan menggunakan teknik stop dan juga ice breaking disela pembelajaran. Kendala yang dihadapi saat melaksanakan PSE adalah karakter peserta didik, kurangnya informasi, rendahnya semangat belajar keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman guru dan peserta didik, kurangnya kosakata bahasa jawa, konsentrasi dan partisipasi peserta didik. Cara yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala saat melaksanakan pembelajaran sosial emosional antara lain dengan melakukan pendekatan personal, pelatihan dan belajar mandiri, pendekatan pentingnya belajar, manajemen waktu, informasi dan contoh konkret, metode variatif dan menyenangkan, sarana literasi, bimbingan dan motivasi. Hasil implementasi PSE menunjukkan adanya perubahan positif pada peserta didik PSE yang telah dilakukan oleh guru-guru bahasa Jawa telah menunjukkan peserta didik mulai dapat mengendalikan diri, berempati dan berbaur dengan teman lain, dapat bekerjasama dalam kerja kelompok serta dapat memutuskan sendiri tugas yang diambilnya. Disarankan PSE dapat dituliskan ke dalam kurikulum sekolah dan diterapkan oleh seluruh guru mata pelajaran di sekolah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:56 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 04:56 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |