MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE B PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

ROILAH, . (2025) MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE B PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ROILAH_TESIS COVER-BAB 3 - Roilah spd.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ROILAH_TESIS BAB 4-5 - Roilah spd.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ROILAH_TESIS DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_compressed - Roilah spd.pdf

Download (6MB)

Abstract

Roilah. 2025. “Model Asesmen Kelulusan Fase B pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M. Pd., Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M. Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedia instrumen asesmen yang mampu mengukur secara menyeluruh kemampuan peserta didik pada akhir fase B pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pembatasan penelitian ini terletak pada fokus pengembangan instrumen asesmen berbasis teori tes modern model Rasch, yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan memvalidasi instrumen asesmen capaian pembelajaran bahasa Indonesia pada akhir fase B. Asesmen kelulusan akhir fase B bahasa Indonesia fokus pada pengembangan keempat keterampilan yang meliputi keterampilan menyimak, membaca/memirsa, berbicara/mempresentasikan, dan menulis. Penelitian ini juga mengacu pada teori Rasch yang memberikan pendekatan modern dalam evaluasi asesmen, memungkinkan pengukuran yang lebih akurat terhadap kemampuan peserta didik dengan meminimalkan bias dalam hasil penilaian. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain penelitian menggunakan model prosedur ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) yang fokus pada ADD. Subjek penelitian terdiri dari 50 peserta didik kelas IV SDN Suniarsih dan SDN Dukuhtengah. Dalam mengembangkan dan menganalisis instrumen menggunakan validitas Messick (1996) yang terdiri dari 4 aspek meliputi isi, substantif, struktural, dan konsekuensial. Instrumen tes kelulusan fase B bahasa Indonesia ini disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir sebanyak 20 soal, soal lisan 5 butir soal, dan soal uraian berjumlah 5 soal. Analisis data dengan Rasch model pada R programming version 4.4.2 memberikan hasil soal pilihan ganda dan uraian memenuhi persyaratan sebagai butir soal yang baik, sedangkan untuk analisis data dengan Aiken Validity untuk soal lisan memberikan hasil soal lisan dinyatakan valid dan memenuhi persyaratan sebagai butir yang baik. Rekomendasi untuk penelitian ini meliputi penggunaan instrumen yang dikembangkan sebagai acuan untuk menilai hasil belajar bahasa Indonesia di akhir fase B sebagai acuan kenaikan peserta didik pada fase di atasnya, tes kelulusan fase B mata pelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum merdeka dapat digunakan sebagai bank soal. Penelitian R&D dengan ADDIE ini hanya sampai tahap Analysis, Desain, Development, sehingga peneliti berharap untuk penelitian berikutnya bisa mengembangkan sampai tahap Implementation dan Evaluation. Kata Kunci: asesmen, capaian pembelajaran bahasa Indonesia, model rasch.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Feb 2025 04:56
Last Modified: 19 Feb 2025 04:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item