Muflichati Nurin Azizah, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI BERBANTUAN CANVA DALAM MENINGKATKAN STUDENT WELL BEING DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER - BAB III TESIS MUFLICHATI NURIN AZIZAH - muflichati nurin azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV - V TESIS MUFLICHATI NURIN AZIZAH - muflichati nurin azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN TESIS MUFLICHATI NURIN AZIZAH - muflichati nurin azizah.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muflichati Nurin Azizah. 2025. “ Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbantuan Canva Dalam Mneingkatkan Student Well Being Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pasca Sarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Maufur, M.Pd,. Pembimbing II: Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci: Modul Ajar Berdiferensiasi, Canva, Student Well Being. Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbantuan Canva pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap modul ajar berdiferensiasi berbantuan canva, 2) mengetahui desain modul ajar berdiferensiasi berbantuan canva, 3) mengetahui kelayakan modul ajar berdiferensaisi berbantuan canva, dan 4) mengetahui keefektifan modul ajar berdiferensiasi berbantuan canva dalam meningkatkan student well being di SD Negeri Gugus Jendereal Soedirman Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry, dengan metode eksperimen (true experimental design). Alur penelitan dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu analysis, design, dan development. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Untuk sumber data dan sampel penelitian diambil dari peserta didik kelas V SDN Kalilangkap 02, SDN Kaliawadas 02, SDN Margadadi 02, dan SDN Pamijen 02 yang berjumlah 80 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket student well being, dan observasi perangkat pembelajaran dan aktivitas pembelajaran. Data student well being dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian dari tahap analisis diperoleh data bahwa peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes sangat membutuhkan modul ajar berdifrensiasi berbantuan canva dengan persentase 83,75%. Modul ajar berdiferensiasi yang dibuat dinyatakan sangat valid baik dari penilaian ahli materi sebesar 97,16%, ahli media sebesar 98,86%, maupun praktisi sebesar 97,75%. Berdasarkan uji t hasil angket student well being pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) student well being sebesar 0.000 < 0.005. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) kebutuhan peserta didik kelas V SDN di Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes terhadap modul ajar berdiferensiasi berbantuan canva adalah sangat tinggi, 2) desain modul ajar berdiferensiasi berbantuan canva meliputi penyusunan garis besar modul ajar, penyusunan kerangka modul ajar, penyusunan isi pembelajaran, dan penyusunan instrumen penelitian, 3) modul ajar berdiferensaisi berbantuan canva dinyatakan sangat valid oleh ahli materi, ahli media dan praktisi, 4) modul ajar berdiferensiasi berbantuan canva efektif dalam meningkatkan student well being.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:32 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |