PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL,AUDITORI , KINESTIK (VAK) BERBASIS AKTIF REFLEKTIF FELDER TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL

Arfani Rahma Safarina, . (2025) PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL,AUDITORI , KINESTIK (VAK) BERBASIS AKTIF REFLEKTIF FELDER TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover- bab 3 - Arfani Rahma Safarina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
bab 4-5 - Arfani Rahma Safarina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
daftar pustaka - Arfani Rahma Safarina.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arfani, 2025 “Pengaruh gaya belajar visual,auditori,kinestik (VAK) berbasis aktif reflektif Felder terhadap hasil belajar sains di TK Aisyiyah Bustanul Athfal”. Tesis Program Studi Megister Pedagogi. Program Pasca Sarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr.Taufiqulloh,M.Hum, Pembimbing II Dr.Rahmad Agung N.,M.Si. Kata Kunci : Visual, Auditory, Kinestetik, Aktif, Reflektif, Hasil Pembelajaran Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I dan XI, Kota Tegal, untuk menganalisis pengaruh enam kategori gaya belajar berdasarkan model Felder terhadap hasil belajar sains anak usia dini. Kategori tersebut meliputi Visual berbasis Aktif dan Reflektif, Auditori berbasis Aktif dan Reflektif, serta Kinestetik berbasis Aktif dan Reflektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods, menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dipilih menggunakan proportional dan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menerapkan model Sequential Explanatory, yang diawali dengan analisis kuantitatif dan dilanjutkan dengan pendalaman kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kategori gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar sains anak usia dini. Model visual berbasis aktif dan reflektif, auditori berbasis aktif dan reflektif, serta kinestetik berbasis aktif dan reflektif, semuanya berkontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep sains.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:40
Last Modified: 25 Feb 2025 02:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item