FAIRUS NAFA AFIDA, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MUFRODAT DENGAN METODE ISYAROH BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKS BERBAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Cover-Bab 3_Fairus_Tesis_MP - Fairuz Nafa.docx Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
![]() |
Text
BAB 4 DAN 5_ Fairus Nafa_MP7 - Fairuz Nafa.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Dafpus-Lamp_Fairus_MP7_Tesis - Fairuz Nafa.docx Download (7MB) |
Abstract
Fairus Nafa Afida, 2025. “Pengembangan E-Modul Mufrodat dengan Metode Isyaroh Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Berbahasa Arab pada Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Aliyah Negeri 2 Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Sutji Muljani, M.Hum, Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci: E-modul, Mufrodat, Metode Isyaroh Mufrodat merupakan salah satu unsur penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Mufrodat menjadi salah satu kunci dalam penguasaan bahasa Arab karena berperan penting dalam empat keterampilan berbahasa atau dalam pembelajaran bahasa Arab disebut Al-Maharoh Al- lughawiyyah yang meliputi maharoh al-istima’ (keterampilan mendengarkan), maharoh al-qiroah (keterampilan membaca), maharoh al- kalam (keterampilan berbicara), dan maharoh al-kitabah (keterampilan menulis). Ketersediaan buku cetak mata pelajaran bahasa Arab di MAN 2 Tegal belum memenuhi seluruh kebutuhan peserta didik. Pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan oleh guru matapelajaran cenderung menggunakan metode konvensional tanpa bantuan media. Beberapa permasalahan tersebut berakibat hasil pemahaman peserta didik yang rendah. Permasalahan-permasalahan tersebut diharapkan dapat teratasi dengan adanya media pembelajaran berbasis e-modul mufrodat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis kebutuhan e-modul mufrodat dengan metode isyaroh berbasis kearifan lokal 2) Untuk mendeskripsikan desain pengembangan e-modul mufrodat dengan metode isyaroh berbasis kearifan lokal 3) Untuk menganalisis kelayakan pengembangan e-modul mufrodat dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap teks berbahasa Arab 4) Untuk menganalisis kepraktisan penggunaan e-modul mufrodat dalam teks berbahasa Arab pada materi As-Safar 5) Untuk menganalisis keefektifan penerapan e-modul mufrodat dalam meningkatkan pemahaman teks berbahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development atau R&D model 4D. Teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, tes dan angket / kuesioner. Populasi dalam penelitian ini menggunakan 128 peserta didik dan teknik pengambil sampel dengan Purpossive Sampling yakni dipilih 64 peserta didik dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA2. Hasil penelitiannya adalah (1) Berdasakan hasil observasi dan wawanvara dengan guru mata pelajaran diperoleh informasi bahwa penguasaan mufrodat pada peserta didik rendah, metode kurang variatif, dan ketersediaan buku cetak yang terbatas. (2) Dalam tahap perancangaan e-modul terdiri dari tiga tahapan, yaitu pemilihan media, pemilihan format, berdasarkan kriteria, dan rancangan awal produk. (3) Berdasarkan butir penilaian akurasi metari dari angket tanggapan guru mata pelajaran, validator materi, dan validator media bahwa e-modul mufrodat sangat valid dan layak. (4) Berdasarkan hasil respon 64 peserta didik terhadap kepraktisan e-modul Mufrodat diketahui hasil (>90%) cenderung praktis dan sangat praktis. (5) Keefektifan e-modul Mufrodat dapat dilihat dari hasil Uji Gain Skor yang mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,758.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:41 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |