EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN KERSANA

SUWONDO WASONO, . (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN KERSANA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Bab 1-3 cover fix - Suwondo Wasono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
2. Bab 4-5 - Suwondo Wasono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
3. Dafpus dan lamp - Suwondo Wasono.pdf

Download (4MB)

Abstract

Suwondo Wasono, 2025. ” Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dengan Model Contenance Stake pada Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Kersana”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Panca Sakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, D.S., M.M dan Pembimbing II Dr. Sutji Muljani,M.Hum. Kata Kunci : Evaluasi Kurikulum, Countenance Stake Model, Kurikulum Merdeka, Countenance Stake evaluation model dalam melaksanakan evaluasi menekankan pada dua hal dasar yang harus ada yaitu deskripsi (description) dan pertimbangan (judgment) dan dibagi dalam 3 objek kajian yaitu antecedents, transaction, outcomes. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan aspek perencanaan, pelaksanaan, dan hasil di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se- Kecamatan Kersana Pendekatan yang digunakan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi dan grand theory yang digunakan yaitu Countenance Stake. Subjek penelitian adalah 111 peserta didik dengan menggunakan purposive sampling 15% dari jumlah populasi dan tiga guru Bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, studi dokumen, dan observasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Indeks V Aiken dan Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan mempertimbangkan nilai KMO, Barlet, Anti-image, Eigen dan Rotated Component Matrix sedangkan reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan standar ideal dan mean ideal. Temuan hasil penelitian adalah: (1) Ketercapaian hasil pembelajaran Bahasa Inggris pada aspek perencanaan di SMPN se-Kecamatan Kersana secara umum memiliki nilai 91% dengan kriteria sangat baik, SMP N 1 Kersana 98%, SMPN 2 kersana 88% dan SMPN 3 Kersana 87% dengan kriteria sangat baik. (2) Ketercapaian hasil pembelajaran Bahasa Inggris pada aspek pelaksanaan di SMPN se-Kecamatan Kersana secara umum memiliki nilai 85% dengan kriteria sangat baik, SMP N 1 Kersana 86%, SMPN 2 kersana 82% dan SMPN 3 Kersana 87% dengan kriteria sangat baik (3) Ketercapaian hasil pembelajaran Bahasa Inggris pada aspek hasil di SMPN se-Kecamatan Kersana secara umum memiliki nilai 78% dengan kriteria sangat baik, SMP N 1 Kersana 83%, SMPN 2 kersana 75% dan SMPN 3 Kersana 78% dengan kriteria sangat baik. Rekomendasi yang diberikan antara lain: sekolah sebaiknya mengadakan pelatihan berkaitan dengan peningkatan keterampilan guru dalam penggunaan Teknologi Informasi, menerapkan strategi mengajar dan metode mengajar, mengembangkan tugas yang bervariasi dalam tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:41
Last Modified: 25 Feb 2025 02:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item