Warti, . (2025) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DISIPLIN GURU DI SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
MERGER_COVER-BAB 3 - Warti Warti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
8.TESIS BAB 4-5 - WARTI OK - Warti Warti.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_UNGGAH - Warti Warti.pdf Download (7MB) |
Abstract
Warti. 2025. “Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Budaya Disiplin Guru Di Sekolah Dasar.” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pasca Sarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS., M.M, Pembimbing II Dr. Rahmad Agung N., M.Si Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Budaya Disiplin Guru. Sebagai pemimpin, kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab dalam memastikan kelancaran proses pembelajaran, tetapi juga dalam menciptakan budaya kerja yang kondusif bagi seluruh warga sekolah, terutama para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain model pengembangan kepemimpinan kepala sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal dalam mengembangkan budaya disiplin guru di sekolah dasar Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Research and Development (R&D) dan rancangan penelitian model ADDIE. Sumber data utama sebagai informan yaitu, Kepala Sekolah dan guru se wilayah Gugus Ki Hajar Dewantara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen menggunakan software SPSS 27. Hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi menunjukkan tingkat kebutuhan guru terhadap model kepemimpinan kepala sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal dalam mengembangkan budaya disiplin guru sangat tinggi (ratarata di atas 85%). Hasil analisis validitas menggunakan SPSS menunjukkan bahwa semua item kuesioner valid pada tingkat signifikansi 0,05 dan 0,01. Hal ini berarti setiap item dalam kuesioner mampu mengukur dengan baik konstruk yang diharapkan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil analisis uji reliabilitas juga menunjukkan bahwa semua variabel dalam instrumen kuesioner memiliki nilai Cronbach's Alpha > 0,6 yang berarti ketiga variabel tersebut dinyatakan reliabel menunjukkan konsistensi tinggi. Desain model kepemimpinan kepala sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal yang diusulkan dengan mengintegrasikan elemen gotong royong dan musyawarah mendapat dukungan dari mayoritas responden dibuktikan dengan hasil analisis terhadap indikator X1 hingga X6 yang tinggi (rata-rata di atas 85%). Hal ini mengindikasikan bahwa nilai-nilai kearifan lokal dalam kepemimpinan dianggap relevan dan efektif dalam mengembangkan budaya disiplin guru. Namun demikian masih perlu ada perhatian khusus pada item dalam Y1 yang kurang didukung. Penyesuaian atau evaluasi lebih lanjut pada aspek pemberian keteladanan (Y1) akan membantu memperbaiki model kepemimpinan agar lebih relevan dan efektif.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 04:00 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 04:00 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |