ESTI HIDAYATI, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL BUKU PENGAYAAN KOMPETENSI SOFT SKILL BERORIENTASI PADA PELAYANAN HAIR TREATMENT SISWA KELAS XII SMKN 1 TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER BAB I BAB II BAB III ESTI HIDAYATI - Esti Hidayati.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV BAB V ESTI TESIS - Esti Hidayati.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN FINAL - Esti Hidayati.pdf Download (8MB) |
Abstract
Hidayati, esti. 2025. “Pengembangan Model Buku Pengayaan Kompetensi Soft Skill Berorientasi pada Pelayanan Hair Treatment Siswa Kelas XII SMKN 1 Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Basukiyatno, M.Pd. Pembimbing II Dr. Rahmad Agung N, M.Si. Kata kunci: Pengembangan, Buku, Pengayaan, Soft Skill, Hair Treatment. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi pengembangan soft skill yang relevan bagi siswa dalam pelayanan hair treatment di SMKN 1 Tegal, (2) merancang model buku pengayaan yang efektif untuk meningkatkan kompetensi soft skill siswa, (3) menyusun buku pengayaan yang dapat meningkatkan kompetensi soft skill dalam pelayanan hair treatment, (4) menganalisis kelayakan dan kepraktisan penerapan buku pengayaan soft skill dalam proses pembelajaran, serta (5) mengukur efektivitas penggunaan buku pengayaan dalam meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dari Dick and Carey. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMKN 1 Tegal, dengan sampel terdiri dari dua kelas yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, serta uji kelayakan dan efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model buku pengayaan kompetensi soft skill memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan pelayanan hair treatment siswa kelas XII di SMKN 1 Tegal. Analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran mencakup analisis kebutuhan siswa, analisis pengguna, serta analisis sarana dan prasarana. Pengembangan media terdiri dari pemilihan media, format, penyusunan soal dan jawaban, serta perancangan media. Validasi oleh tiga ahli menunjukkan bahwa aspek materi memperoleh skor kelayakan sebesar 95%, sementara aspek media mendapatkan rata-rata skor 94%. Efektivitas buku pengayaan dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar siswa, di mana persentase ketuntasan meningkat dari 18% pada pre-test menjadi 85% pada post-test. Temuan ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan kompetensi siswa dalam pelayanan hair treatment di jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. v
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:56 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:56 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |