MODEL MENTORING STRATEGIC COLABORATIF UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL LEARNING ( GOOGLE MEET DAN CANVA ) KEPALA SEKOLAH DI DAERAH BINAAN II KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL

Puji Mulyati, . (2025) MODEL MENTORING STRATEGIC COLABORATIF UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL LEARNING ( GOOGLE MEET DAN CANVA ) KEPALA SEKOLAH DI DAERAH BINAAN II KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS COVER - BAB III - Puji Mulyati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS BAB IV -V - Puji Mulyati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
TESIS -DAFTAR PUSTAKA - Puji Mulyati.docx

Download (16kB)

Abstract

Puji Mulyati ( 2025),” Model Mentoring Strategic kolaboratif Untuk Peningkatan Literasi Digital Learning ( Google Meet dan Canva ) Kepala sekolah di daerah Binaan II Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.”Tesis.Program Magister Pedagogi.Program Pascasarjana.Universitas Pancasakti Tegal.Pembimbing I Dr Suriswo,M.Pd.Pembimbing II Dr.Dewi Apriyani,Fr.MM. Kata Kunci; Mentoring Strategic kolaboratif , Literasi Digital Learning ( Google Meet dan Canva), Kepala Sekolah ,ADDIE Literasi Digital di era transformasi pendidikan yang berbasis tehnologi menjadi salah satu kompetensi yang penting. Sebagai pemimpin pendidikan Kepala sekolah mempunyai peran yang strategis untuk memastikan integrasi teknologi digital dalam menelola dan mengembangkan pembelajaran di sekolah.Tetapi berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan adanya kesenjangan antara kebutuhan literasi digital di lapangan dengan kemampuan kepala sekolah dalam memanfaatkannya. Dari hasil beberapa study menunjukkan bahwa walaupun tehnologi sudah tersedia namun pembelajaran digital belum diimplementasikan secara optimal.hal ini dikaraenakan rendahnya kompetensi kepala sekolah dalam menggunakan platform digital secara efktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji efektifitas model mentoring strategic kolaboratif sebagai pendekatan untuk meningkatkan kompetensi literasi digital learning kepala sekolah khususnya dalam mengunakan platform Google Meet dan Canva. Penelitian menggunakan metode R & D, dengan pendekatan Analysis, Desain and Development ( ADDIE) dengan melibatkan 40 Kepala sekolah di Kecamatan Bojong , Kabupaten Tegal ,yang terdiri dari 2 kelompok untuk kelas kontrol dan 20 orang kepala sekolah kelas eksperimen. Uji Validasi kelayakan dilaksanakan oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk mengukur efektifitas model menggunakan uji T. Score.Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan model mentoring strategic kolaboratif dapat meingkatkan kompentensi literasi digital learning kepala sekolah secara signifikan. Hal ini ditunjukkan Rata rata skor Uji T menunjukkan kategori peningkatan yang tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas control. Kesimpulan model mentoring strategic kolaboratif efektif untuk meningkatkan kompetensi literasi digital learning kepala sekolah dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis untuk pengembangan pelatihan kepala sekolah berbasis mentoring yang lebih strategic dan kolaboratif.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:37
Last Modified: 07 Mar 2025 06:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item View Item