PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PjBL “LIFE SKILL SOCIAL” UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP KOTA TEGAL

Anis Khamidah, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PjBL “LIFE SKILL SOCIAL” UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP KOTA TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - bab 3 - anis Khamidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
bab 4 dan 5 - anis Khamidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
daftar pustaka - lampiran_compressed - anis Khamidah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anis Khamidah. 2025. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis PjBL “Life Skill Social” Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Kota Tegal”. Tesis Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I. Dr. Suriswo, M.Pd, Pembimbing II. Dr. Dewi Apriani Fr, M.M. Kata Kunci: model pembelajaran, project base learning, kecakapan hidup, mata pelajaran IPS, research and development Model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang berbasis pada peserta didik (student centre) dapat digunakan dan dipilih oleh guru sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang akan memberikan “warna” baru dalam pembelajaran dari yang umumnya cenderung konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran IPS SMP yang berjalan saat ini. 2). Mendeskripsikan dan menganalisis rancangan program pembelajaran kecakapan hidup (life skill social) pada pelajaran IPS di SMP. 3) Menghasilkan model pembelajaran berbasis proyek yang layak untuk meningkatkan kecakapan hidup sosial (life skill social) pada pelajaran IPS di SMP. 4) Mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis pjbl “life skill social” yang diadaptasi efektif untuk meningkatkan kecakapan hidup sosial (life skill social) pada pelajaran IPS di SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan milik Borg&Gall. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, Angket Tes. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan produk, dan uji efektifitas model PjBL mata pelajaran IPS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru belum sepenuhnya mengembangkan bahan ajar yang berorientasi kecakapan hidup, guru belum sepenuhnya menerapkan metode mengajar yang bervariasi dan masih monoton dengan sistem ceramah dan belum banyak pengembangan model pembelajaran berbasis proyek 2) Model pembelajaran berbasis pjbl “life skill social” untuk meningkatkan kecakapan hidup sosial sesuai dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Model pembelajaran berbasis pjbl “life skill social” terbukti efektif untuk meningkatkan kecakapan hidup sosial. Hasil penilaian oleh guru mendapatkan kategori Baik. Hasil ini juga di dukung dengan peningkatan kecakapan hidup.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:38
Last Modified: 07 Mar 2025 06:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item