Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Infografik Digital Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2023/2024

Evi Oktavia Tetri, . (2025) Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Infografik Digital Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2023/2024. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
JUDUL-BAB III - Evi Oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-BAB V - Evi Oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Evi Oktavia.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tetri, Evi Oktavia. 2024. “Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Infografik Digital Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2023/2024”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Taufiqullah, M. Hum., Pembimbing II Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. Kata Kunci: Model Project-Based Learning, infografik digital, Hasil Belajar, Descriptive Text, Prestasi belajar. Keterampilan berbahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka memiliki tingkat kesulitan yang relatif sama. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa menulis merupakan keterampilan yang paling sulit, mengingat dalam menulis peserta didik harus mampu mengungkapkan gagasan mereka sendiri dengan menggunakan keterampilan berbahasa yang memadahi untuk menghasilkan tulisan yang bermakna, dan apa yang umumnya dilakukan guru Bahasa Inggris di kelas, keterampilan yang paling banyak dipelajari dan dilakukan adalah keterampilan membaca. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik dalam menulis khususnya descriptive text. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif yang merupakan pengembangan dari true-experiment dengan model factorial design. Subyek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen SMP Negeri 1 Adiwerna yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Sebanyak 64 peserta didik dijadikan sebagai sampel penelitian. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tes hasil belajar menulis descriptive text untuk mengumpulkan data pada variable-variabel penelitian, yaitu: Model Project-Based Learning berbasis infografik digital. Hasil Belajar Menulis Descriptive Text, dan Prestasi Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test peserta didik, ada perbedaan signifikan secara statistik dalam hasil belajar, terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar antara peserta didik dengan kategori rendah dan tinggi pada peserta didik SMP Negeri 1 Adiwerna, serta terdapat interaksi antara prestasi belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Adiwerna Diharapkan untuk mengembangkan model pembelajaran yang mengombinasikan elemen konvensional dan Project Based Learning agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Penting untuk memberikan pelatihan lebih lanjut kepada guru mengenai penerapan model Project Based Learning dan cara mengelola kelas yang lebih efektif. Penelitian lebih lanjut mengenai cara meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar agar hasil pembelajaran menjadi lebih optimal vii

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:38
Last Modified: 07 Mar 2025 06:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item