Casmito, . (2025) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, BUDAYA SEKOLAH DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MTS NEGERI 2 PEMALANG. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Tesis 2025 Cover-Bab III_Casmito - Casmito.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
![]() |
Text
Tesis 2025 Bab IV-Bab V_Casmito - Casmito.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
![]() |
Text
Tesis 2025 Pustaka_Casmito - Casmito.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan berkaitan dengan supervisi kepala sekolah adalah adanya kompleksitas tugas manajerial seorang kepala sekolah. Kepala sekolah terkadang kesulitan dalam menetapkan prioritas yang tepat, mengakibatkan terlalu banyak waktu dihabiskan untuk tugas administratif dan terlalu sedikit waktu untuk fokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) kompetensi pedagogik terhadap motivasi kerja guru MTs Negeri 2 Pemalang. 2) budaya sekolah terhadap motivasi kerja guru MTs Negeri 2 Pemalang. 3) supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja tivasi guru MTs Negeri 2 Pemalang. 4) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang. 5) budaya sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang. 6) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang. 7) motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang. 8) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang dengan motivasi kerja sebagai pemediasi. 9) budaya sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang dengan motivasi kerja sebagai pemediasi. 10) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri 2 Pemalang dengan motivasi kerja sebagai pemediasi. Penelitian ini menggunakan data yang ada tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi data terhadap variabel yang diteliti, sehingga termasuk dalam penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis statistik deskriptif, analisis PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, budaya sekolah, dan supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja guru; kompetensi pedagogik tidak berpengaruh terhadap kinerja guru; budaya sekolah dan supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru; motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru; motivasi kerja guru mampu memediasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru; motivasi kerja guru mampu memediasi pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru; motivasi kerja guru mampu memediasi pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kata Kunci : kompetensi pedagogik, budaya sekolah, supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:39 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |