PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Siswa Kelas VII Semester I di SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna Tahun Pelajaran 2024/2025)

NINGRUM, GALUH LINTANG (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Siswa Kelas VII Semester I di SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna Tahun Pelajaran 2024/2025). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
GALUH LINTANG COVER BAB 1-3 - galuh lintang.docx

Download (764kB)
[img] Text
GALUH LINTANG BAB 4-5 - galuh lintang.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
GALUH LINTANG DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - galuh lintang.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ningrum, Galuh Lintang. 2024. “Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna Tahun Pelajaran 2023/2024”. Proposal Penelitian. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ahmadi, M.Si Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi. W., M.Pd Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna, dengan sampel sebanyak 71 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6,6%, bahwa kepercayaan diri memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 6,6% terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar juga memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,7%, motivasi belajar memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 7,7%. Kombinasi kedua variabel ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar sebesar 12,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepercayaan diri dan motivasi belajar berperan penting dalam menentukan keberhasilan akademik siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menejadi referensi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa guna mencapai prestasi belajar yang lebih optimal. ABSTRACT Ningrum, Galuh Lintang. 2024. "The Influence of Self-Confidence and Learning Motivation on Mathematics Learning Achievement of Grade VII Students at SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna for the 2023/2024 Academic Year." Research Proposal. Mathematics Education. Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Advisor I : Ahmadi, M.Si Advisor II : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd Keywords: Self-Confidence, Learning Motivation, Mathematics Learning Achievement. This study aims to determine the influence of self-confidence and learning motivation on students' academic achievement. The research employs a quantitative method with a correlational approach. The population consists of Grade VII students of SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna, with a sample of 71 students selected using total sampling techniques. Data were collected using questionnaires and analyzed through simple linear regression. The results show that self-confidence has an influence on students' academic achievement by 6.6%, indicating that self-confidence contributes 6.6% to academic achievement. Similarly, learning motivation affects academic achievement by 7.7%, contributing 7.7%. The combination of these two variables significantly contributes to improving academic achievement by 12.8%. The conclusion of this study is that self-confidence and learning motivation play a crucial role in determining students' academic success. This research is expected to serve as a reference for improving students' self-confidence and learning motivation to achieve optimal academic performance.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Handri . .
Date Deposited: 15 Apr 2025 01:54
Last Modified: 15 Apr 2025 01:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item