KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN METODE KUMON TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Pangkah Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan Materi Bangun Ruang Sisi Datar)

HARIYANTO, AHMAD TEGUH (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN METODE KUMON TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Pangkah Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan Materi Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI A. TEGUH HARIYANTO FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

HARIYANTO, AHMAD TEGUH. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dipadukan metode Kumon Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd Pembimbing II Ahmadi, S.Pd. M.Si Kata Kunci : Student Facilitator and Explaining (SFE), Kumon, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan : (1) prestasi belajar matematika yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon yang nilainya ≥70 melampaui 40 %. (2) kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon yang nilainya ≥60 melampaui 40 %.. (3) ada perbedaan prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis antara yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon dengan yang diajar model pembelajaran Inquiry Learning. (4) prestasi belajar dan kemampuan komunikasi yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran Inquiry Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Pangkah Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 254 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yang didapat kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, kelas VIII F sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII D sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Intsrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika dan tes kemampuan komunikasi matematis yang telah diuji validitas, reliablitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Proporsi Pihak Kanan, Uji Manova, dan Uji τ^2- Hotelling. Hasil penelitian menunjukkan : (1) prestasi belajar matematika yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon yang nilainya ≥ 70 melampaui 40 %. (2 kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon yang nilainya ≥ 60 melampaui 40 %. (3) ada perbedaan antara prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon dengan yang diajar model pembelajaran Inquiry Learning. (4) prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaran SFE dipadukan metode Kumon lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran Inquiry Learning.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Mar 2020 05:04
Last Modified: 04 Feb 2022 02:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item