PENGARUH POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GAME ONLINE PADA SISWA SD NEGERI KALISAPU 01 KABUPATEN TEGAL

RAHMAT AFFANDI, . (2023) PENGARUH POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GAME ONLINE PADA SISWA SD NEGERI KALISAPU 01 KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1 - Rahmat Affandi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-VII - Rahmat Affandi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Rahmat Affandi.docx

Download (354kB)

Abstract

Rahmat Affandi. 2218500023.2023. PENGARUH POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GAME ONLINE PADA SISWA SD NEGERI KALISAPU 01 KABUPATEN TEGAL. SKRIPSI. Pembimbing I: Dra. Hj Oemi Hartati, M.Si. Pembimbing II: Sarwo Edy, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Berkembangnya teknologi dan berbagai jenis game membuat seseorang tertarik terlibat penuh dan semakin intens hingga memiliki rasa ketergantungan, adiksi bahkan disorder. Game online merupakan salah satu masalah serius yang sedang dihadapi oleh anak-anak karena game online dapat menimbulkan kecanduan bagi pemainnya. Kecanduan game online ini memiliki dampak psikologis bagi anak. Oleh karena itu diperlukan adanya peran orang tua dalam mengatasi perilaku konsumtif anak tersebut. Untuk mewujudkan peranan orang tua tersebut, maka perlu adanya komunikasi antara orang tua dan anak yang terjalin dengan baik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi (correlational research). Penelitian korelasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Berdasarkan perhitungan koefisiensi determinasi, diperoleh sebesar 35.1%. Dari sini maka dapat disimpulkan besaran pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Perilaku Konsumtif game online siswa SD Negeri Kalisapu 01 adalah sebesar 35.1% sedangkan sisanya 64.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kriteria tersebut, koefisien korelasi didapat angka sebesar 0.351 yang mana dalam kriteria diatas angka tersebut ada diantara 0.25 – 0.5. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedua variabel termasuk dalam golongan korelasi yang cukup. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku Konsumtif, Game Online.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:33
Last Modified: 27 Feb 2023 03:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item