PENGARUH TAGLINE SHOPEE DAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

ANANDA HUSNIYYATUL HIDAYATI, . (2023) PENGARUH TAGLINE SHOPEE DAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1. COVER - BAB 4 - Ananda Husniyyatul Hidayati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 5 - BAB7 - Ananda Husniyyatul Hidayati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Ananda Husniyyatul Hidayati.docx

Download (984kB)

Abstract

Ananda Husniyyatul Hidayati, 2218500026. 2023 “PENGARUH TAGLINE SHOPEE DAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL”. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena belanja online yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya pada marketplace Shopee dan Tokopedia. Dalam menghadapi persaingan bisnis, setiap perusahaan memiliki tagline yang berbeda-beda sebagai salah satu strategi pemasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tagline Shopee dan Tokopedia terhadap keputusan belanja online yang dilakukan oleh konsumen. Guna melihat pengaruh tersebut, maka digunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai landasan pemikiran penelitian. Dengan metode kuantitatif, data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal sebanyak 86 responden. Kuesioner tersebut diukur menggunakan skala likert. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan adanya kriteria tertentu sebagai subjek pada penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh tagline Shopee dan Tokopedia terhadap keputusan belanja online. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan tagline terhadap keputusan belanja online sebesar 65,6% dan dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 34,4%. Variabel lain yang tidak diteliti meliputi harga, kebutuhan konsumen, promosi, produk dan ongkir. Kata Kunci: Tagline, Shopee, Tokopedia, Keputusan Belanja Online.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:34
Last Modified: 07 Feb 2023 02:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6104

Actions (login required)

View Item View Item