ANANDA HUSNIYYATUL HIDAYATI, . (2023) PENGARUH TAGLINE SHOPEE DAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
1. COVER - BAB 4 - Ananda Husniyyatul Hidayati.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 5 - BAB7 - Ananda Husniyyatul Hidayati.docx Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Ananda Husniyyatul Hidayati.docx Download (984kB) |
Abstract
Ananda Husniyyatul Hidayati, 2218500026. 2023 “PENGARUH TAGLINE SHOPEE DAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL”. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena belanja online yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya pada marketplace Shopee dan Tokopedia. Dalam menghadapi persaingan bisnis, setiap perusahaan memiliki tagline yang berbeda-beda sebagai salah satu strategi pemasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tagline Shopee dan Tokopedia terhadap keputusan belanja online yang dilakukan oleh konsumen. Guna melihat pengaruh tersebut, maka digunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai landasan pemikiran penelitian. Dengan metode kuantitatif, data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal sebanyak 86 responden. Kuesioner tersebut diukur menggunakan skala likert. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan adanya kriteria tertentu sebagai subjek pada penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh tagline Shopee dan Tokopedia terhadap keputusan belanja online. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan tagline terhadap keputusan belanja online sebesar 65,6% dan dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 34,4%. Variabel lain yang tidak diteliti meliputi harga, kebutuhan konsumen, promosi, produk dan ongkir. Kata Kunci: Tagline, Shopee, Tokopedia, Keputusan Belanja Online.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:34 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:34 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6104 |
Actions (login required)
View Item |