PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA TERINTEGRASI FLIPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

Cinta Asih, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA TERINTEGRASI FLIPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1. TESIS_Cinta Asih_Cover-Bab III - Cinta Asih.docx

Download (1MB)
[img] Text
1. TESIS_Cinta Asih_Bab IV-V - Cinta Asih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. TESIS_Cinta Asih_Daftar Pustaka-Lampiran - Cinta Asih.pdf

Download (5MB)

Abstract

Cinta Asih. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Terintegrasi Flipbook untuk Pembelajaran Menulis Cerpen. Tesis. Tegal. Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Tesis ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran menulis cerpen di kelas 9 SMP Negeri 3 Pangkah. Sebagian besar siswa kurang tertarik dan kurang termotivasi dalam pembelajaran. Pembelajaran menulis cerpen menuntut kreativitas dan daya imaginasi siswa dalam menggali ide dan gagasan sebagai bahan penulisan cerpen. Maka, sudah seharusnya guru menyajikan pembelajaran menulis cerpen dengan bantuan media pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva terintegrasi flipbook untuk pembelajaran menulis cerpen yang dapat diakses pada perangkat mobile maupun PC. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui respon tanggapan siswa dan guru. Data dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan respon tanggapan siswa SMP Negeri 3 Pangkah sebesar 90% dan guru sebesar 95% termasuk dalam katagori sangat layak. Sedangkan respon siswa SMP Negeri 1 Pangkah sebesar 86,3% dan guru sebesar 100%. Hasil uji efektivitas melalui penghitungan indikator keberhasilan siswa kelas 9 SMP Negeri 3 Pangkah sebelum penggunaan media hanya 22,58% dan setelah penggunaan media 87,1% atau mengalami peningkatan sebesar 64,52%. Sementara itu hasil uji efektivitas melalui penghitungan indikator keberhasilan siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Pangkah sebelum penggunaan media adalah 29,03% dan setelah penggunaan media 93, 54% atau mengalami peningkatan sebesar 64,51%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum (pretes) dan hasil belajar setelah penerapan media (postes). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva terintegrasi flipbook untuk pembelajaran menulis cerpen yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan, media digital, Canva, flipbook, efektivitas.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:56
Last Modified: 29 Jan 2024 03:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item