Vina Maulina, . (2024) EFEKTIFITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI DEPRESI AKIBAT BULLYING PESERTA DIDIK PADA KELAS X DI PONDOK PESANTREN AL-MUSYAFA’ TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KABUPATEN KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Bab 4 - 5 Vina Maulina 1120600020 - Vina Maulina.docx Download (100kB) |
|
Text
Cover -Bab 3 Vina Maulina 1120600020 - Vina Maulina.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Dapus-Lampiran Vina Maulina 1120600020 - Vina Maulina.docx Download (10MB) |
Abstract
VINA MAULINA. 2024 “Efektifitas Konseling Individu Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Depresi akibat bullying Pada Peserta didik Kelas X Di Pondok Pesantren Al-Musyafa”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Arif Budiman S, M.Pd Pembimbing II : Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd Kata Kunci : Konseling Individual, Mengurangi Depresi Depresi merupakan permasalahan yang harus diselesaikan yang penyebab utamanya yaitu bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebelum, sesudah, dan efektifitas konseling individu pendekatan cognitive behavior therapy untuk mengurangi depresi akibat bullying. Metode yang digunakan merupakan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian merupakan ekperimen dan menggunakan desain one grup pre-test – post-test. Angket yang disebarkan kepada 60 populasi dan diambil sampel dengan purposive sampling yang merupakan sampel yang paling tinggi menderita depresi dan mendapatkan 5 sampel dengan skor paling tinggi. Peneliti menyebar angket pre-test dengan hasil skor 461 dan rata-rata sebesar 92,2 dan hasil dari angket post-test dengan hasil skor 236 dengan rata-rata 47,2 dengan begitu ada perbedaan skor 221. Peneliti juga menggunakan uji normalitas dengan hasil pre-test ( 0,775) dan post-test (0,441) bisa dikatakan normal. Langkah untuk mengetahui efektif atau tidak peneliti menggunakan uji paired sample test dan mendapatkan hasil sig. 0,000 karena sig 0,000 < 0,05 ( t.tabel ) dan diperkuat dengan hasil t.hitung (12,102) > t.tabel (2,571). Sehingga dikatakan konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy efektif mengurangi depresi akibat bullying pada peserta didik kelas X di Pondok Pesantren Al-Musyafa’ Tahun Pelajaran 2023/2024 Kabupaten Kendal
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:30 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9372 |
Actions (login required)
View Item |