Nada Adhana Mukaromah, . (2024) PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY & REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2021-2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti tegal.
Text
cover bab 1-3-dikompresi - Nada Adhana Mukaromah.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
Text
BAB 4-5 - Nada Adhana Mukaromah.docx Download (398kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Nada Adhana Mukaromah.docx Download (104kB) |
Abstract
Nada Adhana Mukaromah, 4120600282, 2024, Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Sektor Property & Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023. Property & Real Estate yang bergerak dibidang jasa pengembangan dengan memfasilitasi Pembangunan daerah yang terpadu dan dinamis. Investasi property residensial kini diakui memiliki prospek yang cukup cerah dan juga banyak investor yang melihat property sebagai salah satu bentuk investasi yang stabil dengan potensi keuntungan jangka panjang. Karena perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat pada saat ini terdapat banyak perusahaan yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dan meningkatkan Nilai Perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Populasi sebanyak 92 perusahaan sektor property & real estate, teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dari data tersebut diperoleh 26 perusahaan. alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Leverage sebesar 0,156 > 0,05 sehingga H1 ditolak, artinya Leverage tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. Variabel Pertumbuhan Perusahaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 sehingga H2 diterima, artinya Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas. Variabel Pertumbuhan Penjualan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,207 > 0,05 sehingga H3 ditolak, artinya Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. Variabel Leverage memiliki nilai signifikansi sebesar 0,127 > 0,05. Sehingga H4 ditolak, artinya Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Variabel Pertumbuhan Perusahaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,216 > 0,05 sehingga H5 ditolak, artinya Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Variabel Pertumbuhan Penjualan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,208 > 0,05 sehingga H6 ditolak, artinya Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap Nilai perusahaan. Variabel Profitabilitas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,064 > 0,05 sehingga H7 ditolak, artinya Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hasil analisis uji path telah didapatkan nilai pengaruh langsung lebih besar dari nilai pengaruh tidak langsung (0,172 > 0,03441) sehingga H8 ditolak,, artinya Profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Hasil analisis uji path telah didapatkan nilai pengaruh langsung lebih besar dari nilai pengaruh tidak langsung (0,144 > - 0,065712) sehingga H9 ditolak,, artinya Profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil analisis uji path telah didapatkan nilai pengaruh langsung lebih kecil dari nilai pengaruh tidak langsung (-0,141) < (-0,030636) sehingga H10 diterima, artinya Profitabilitas dapat memediasi pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Leverage tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas. Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap Nilai perusahaan. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Profitabilitas dapat memediasi pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan. Kata Kunci: Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:04 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:04 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9515 |
Actions (login required)
View Item |