EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI ERA KURIKULUM MERDEKA JUDUL

ANTIKA TAFRIJIYAH, . (2024) EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI ERA KURIKULUM MERDEKA JUDUL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB III_Skripsi Antika - Antika Tafrijiyah.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-V_Skripsi Antika - Antika Tafrijiyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFPUS-LAMPIRAN_Skripsi Antika - Antika Tafrijiyah.docx

Download (5MB)

Abstract

Tafrijiyah, Antika. 2024. Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran IPA pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran IPA, Ragam Media, Implementasi Media, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penggunaan media yang tepat menjadi sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan perbedaan individu peserta didik terkait kemampuan, minat, dan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi ragam media pembelajaran IPA dan implementasinya pada pembelajaran berdiferensiasi di era Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan observasi yang melibatkan guru IPA SMP di Kecamatan Margadana. Data dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan data reduction, data display dan data verification dengan bantuan software NVivo 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam media pembelajaran yang digunakan meliputi media visual meliputi powerpoint; media audio-visual meliputi video pembelajaran; multimedia meliputi Classroom, Quizizz, dan Wordwall; dan media realia atau lingkungan sekitar meliputi alat peraga. Pemilihan media disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. Penggunaan media pembelajaran IPA dalam pembelajaran berdiferensiasi di era Kurikulum Merdeka menunjukkan hasil yang sangat mendukung. Dari hasil kuesioner dan observasi, rata-rata implementasi media pembelajaran IPA mencapai 83,67%, dengan aspek relevansi media mencapai 86,36%, aspek ketersediaan ketersediaan dan kebermanfaatan media mencapai 81,82%, aspek kemampuan guru mencapai 83,12%, dan aspek kemudahan penggunaan media mencapai 85,23%. Sehingga aspek pembelajaran berdiferensiasi baik konten, produk, dan lingkungan belajar telah terintegrasi dengan baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:14
Last Modified: 11 Oct 2024 02:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item