THE EFFECT OF USING PADLET APPLICATION ON STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (An Experimental Research at the Eleventh Grade Students of SMK PGRI 2 Taman Pemalang in Academic Year 2023/2024)

AYYASY SHIHABBUDIN, . (2024) THE EFFECT OF USING PADLET APPLICATION ON STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (An Experimental Research at the Eleventh Grade Students of SMK PGRI 2 Taman Pemalang in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Chapter 1-3 (Ayyasy Shihabbudin) - Ayyasy Shihabbudine.pdf.docx

Download (5MB)
[img] Text
Chapter 4-5 (Ayyasy Shihabbudin) - Ayyasy Shihabbudine.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
References & Appendices (Ayyasy Shihabbudin) - Ayyasy Shihabbudine.pdf.docx

Download (4MB)

Abstract

Shihabbudin, Ayyasy. 2024. 1620600046, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet terhadap Pencapaian Menulis Siswa (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Ajaran 2023/2024)” Proyek Penelitian. Program Strata I, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing Pertama Yuvita, M.Pd dan Pembimbing Kedua Anin Eka Sulistyawati, SS,M.Hum. Kata Kunci: Aplikasi Padlet, Pencapaian Menulis, Teks Prosedur, Metode Kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dari penggunaan aplikasi Padlet terhadap prestasi menulis siswa dan perbedaan yang signifikan pada prestasi menulis siswa setelah mereka diajar dengan menggunakan aplikasi Padlet, khususnya dalam pembelajaran teks prosedur. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang dengan 30 siswa kelas X1 DKV 2 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas XI TJKT 4 sebagai kelompok kontrol. Perhitungan penelitian ini dilakukan melalui SPSS 29. Untuk mengumpulkan data, masing-masing kelompok diberikan pre-test dan post-test menulis. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa nilai sig. satu sisi dan dua sisi adalah 0.001<0.050. Setelah itu, penulis mengkonsultasikan nilai tersebut dengan t-tabel dan menunjukkan bahwa t-hitung adalah 9,496 sedangkan nilai t-tabel adalah 2,064, yang berarti membuktikan bahwa ada pengaruh positif dari penggunaan aplikasi Padlet terhadap pencapaian menulis siswa. Sementara itu, hasil dari Independent Sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. satu sisi dan dua sisi adalah 0,001<0,050. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan dalam nilai menulis antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Padlet dan yang tidak. Singkatnya, aplikasi Padlet telah terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif, dan memberikan efek positif terhadap pencapaian menulis siswa. Penulis menyarankan bahwa: 1) Guru dapat menggunakan Padlet sebagai alat bantu pembelajaran, terutama untuk mengajarkan penulisan dan konten dalam berbagai materi bahasa Inggris. Karena aplikasi Padlet mudah digunakan oleh guru dan siswa. 2) Siswa harus lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris, terutama menulis. Penulis menyarankan agar siswa meningkatkan kemampuan menulis mereka dengan memberikan perhatian lebih selama proses belajar mengajar; dan 3) Penulis mengharapkan agar peneliti selanjutnya mencoba untuk fokus dan mengembangkan penggunaan aplikasi Padlet sebagai media pembelajaran di bidang pendidikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:55
Last Modified: 16 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item View Item