AULIA NAILIN NI’MAH, . (2024) THE EFFECT OF USING BBC LEARNING ENGLISH YOUTUBE CHANNEL TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING SKILLS (An Experimental Research on Fourth Semester of English Department Student Universitas Pancasakti Tegal in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Aulia Nailin Ni'mah - COVER-BAB 3 - Aulia Nailin Ni'mah.docx Download (2MB) |
|
Text
Aulia Nailin Ni'mah - BAB 4-BAB 5 - Aulia Nailin Ni'mah.docx Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
Aulia Nailin Ni'mah - Daftar Pustaka-Lampiran - Aulia Nailin Ni'mah.docx Download (3MB) |
Abstract
NI'MAH, AULIA NAILIN, 2024. 1620600005: "Pengaruh Penggunaan Channel YouTube BBC Learning English untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa (Sebuah Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Semester Empat Jurusan Bahasa Inggris Universitas Pancasakti Tegal Tahun Ajaran 2023/2024)". Proyek penelitian. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. N. L. Molla, S.Pd., M.Hum dan Pembimbing II Fajar Prihatini, M.Pd. Kata kunci: Menyimak, Media Pembelajaran, BBC Learning English Penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran listening merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah atau kesulitan dalam kemampuan listening siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan listening siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan channel YouTube BBC Learning English. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Bahasa Inggris Universitas Pancasakti Tegal tahun ajaran 2023/2024. Sementara itu, dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian ini terdiri dari 38 mahasiswa semester empat. Instrumen penelitian ini adalah tes menyimak dengan 40 butir soal pilihan ganda. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 54,53, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 74,01. Selanjutnya, nilai sig. menunjukkan 0,000 yang kurang dari (<) 0,05, yang berarti bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak pada tingkat signifikansi 95%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan saluran YouTube BBC Learning English. Kesimpulannya, penggunaan saluran YouTube BBC Learning English memiliki efek positif terhadap kemampuan mendengarkan siswa. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan metode dan teknik yang tepat dalam menyajikan materi untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan up-to-date serta menarik perhatian siswa. Guru dapat mendorong siswa untuk belajar bahasa Inggris tidak hanya di kelas, tetapi juga di platform dan sumber belajar apa pun yang mudah diakses. Guru juga dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris mereka secara teratur dengan menonton media pembelajaran digital yang menarik di ponsel mereka, seperti saluran YouTube BBC Learning English.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:56 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:56 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9803 |
Actions (login required)
View Item |