THE USE OF DUOLINGO APPLICATION TO ENHANCE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (An Experimental Study on the 9th Grade Students of Pattanakansuksa Foundation School Thailand in the Academic Year of 2024)

Warapa Tohdin, . (2024) THE USE OF DUOLINGO APPLICATION TO ENHANCE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (An Experimental Study on the 9th Grade Students of Pattanakansuksa Foundation School Thailand in the Academic Year of 2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Warapa skripsi from cover-chapter3 - Warapa Tohdin.docx

Download (841kB)
[img] Text
Warapa skripsi CHAPTER 4&5 - Warapa Tohdin.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
Warapa skripsi REFERENCE and Attachment - Warapa Tohdin.docx

Download (7MB)

Abstract

Tohdin, Warapa. 2024. 1620600022 “THE USE OF DUOLINGO APPLICATION TO ENHANCE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (An Experimental Study on the 9th Grade Students of Pattanakansuksa Foundation School Thailand in the Academic Year of 2024)”. Skripsi. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing I Yuvita, M.Pd, dan Pembimbing II Noeris Meiristiani, M.Pd. Kata Kunci: Duolingo, Vocabulary Mastery Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki efektivitas penggunaan aplikasi Duolingo dalam penguasaan kosakata siswa dan untuk menentukan apakah ada perbedaan signifikan dalam perkembangan kosakata antara siswa yang diajarkan menggunakan Duolingo dan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Duolingo di kalangan siswa kelas sembilan di Sekolah Pattanakansuksa Foundation pada tahun ajaran 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen murni, yang memanfaatkan pre-test dan post-test untuk dua kelompok. Populasinya adalah siswa kelas sembilan di Sekolah Pattanakansuksa Foundation, yang berjumlah total 107 siswa. Sampel terdiri dari 30 siswa, dengan 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan Program IBM SPSS26. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan perbedaan signifikan dalam skor tes kosakata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang menggunakan Duolingo memiliki skor rata-rata post-test yang lebih tinggi (86,67) dibandingkan dengan kelompok kontrol (65,07). Uji normalitas dan homogenitas data mengonfirmasi distribusi normal dan homogenitas data (p > 0,05). Uji t untuk sampel berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai p 0,000 kurang dari 0,05 untuk perbandingan post-test. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Duolingo dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Temuan ini memberikan bukti untuk integrasi Duolingo ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa untuk meningkatkan perkembangan kosakata siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa sebaiknya memanfaatkan Duolingo untuk peningkatan kosakata dan pengembangan keterampilan, dan disarankan agar guru mengintegrasikan Duolingo ke dalam kurikulum mereka untuk pengajaran kosakata yang efektif.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:35
Last Modified: 17 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9847

Actions (login required)

View Item View Item