Agus Riyanto, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID KELAS AWAL SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
0. COVER - BAB III - Agus Riyanto Semedo.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4-5 - Agus Riyanto Semedo.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
|
Text
0.3 DAPUS-LAMPIRAN - Agus Riyanto Semedo.pdf Download (6MB) |
Abstract
Riyanto, Agus. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Kelas Awal Sekolah Dasar di Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinh, D.S, M.M. Pembimbing II Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. Kata kunci: Pengembangan, Big Book, QR Code, membaca permulaan Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media Big Book berbasis QR Code oleh guru dan siswa, membangun design media Big Book berbasis QR Code dan mengetahui efektivitas media Big Book berbasis QR Code sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid kelas awal. Hal ini untuk menjawab permasalahan yang terjadi berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan, diantaranya adalah kurangnya ketersediaan buku bacaan murid dan pemanfaatan media belajar yang kurang optimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sedangkan prosedur penelitian menggunakan sepuluh langkah penelitian menurut Borg and Gall Namun, penelitian ini hanya akan sampai langkah kedelapan dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Sampel penelitian adalah siswa kelas II sekolah dasar negeri di gugus R.A Kartini Kecamatan Kedungbanteng pada semester II tahun pelajaran 2023/ 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes lisan, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data, angket dan dokumentasi, uji validitas dengan aiken validity, serta uji realibilitas dan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian adalah: (1) media pembelajaran Big Book berbasis QR Code dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid kelas awal, (2) desain media pembelajaran Big Book berbasis QR Code merupakan bentuk pengembangan Big Book manual yang dikemas dalam bentuk digital (3) Media pembelajaran big book berbasis QR code dinyatakan layak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid, (4) hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada peningkatan rata-rata antara hasil Pretest dengan posttest yang dipengaruhi oleh penggunaan Big Book berbasis QR Code. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media big book berbasis QR Code diperlukan dalam pembelajaran, desain big book berbasis digital, big book berbasis QR Code layak digunakan, dan ada peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan Big Book berbasis QR Code bagi murid kelas awal sekolah dasar di Kabupaten Tegal.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:26 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9897 |
Actions (login required)
View Item |