STRATEGI BISNIS KOREAN FOOD MENGGUNAKAN FOOD TRUCK DENGAN METODE ANALISIS SWOT DI CITY WALK TEGAL

AGIL, . (2023) STRATEGI BISNIS KOREAN FOOD MENGGUNAKAN FOOD TRUCK DENGAN METODE ANALISIS SWOT DI CITY WALK TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi bab 3 Agil-1 - Agil Cupliz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV agil fix_merged - Agil Cupliz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
LAMPIRAN fix_merged - Agil Cupliz.pdf

Download (915kB)

Abstract

Agil, 2023 “Strategi Bisnis Korean Food Menggunakan Food Truck Dengan Metode Analisis SWOT Di City Walk Tegal”. Laporan Skripsi Teknik Industri Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal. Strategi bisnis merupakan sebuah rencana yang dirancang untuk menarik dan mendapatkan konsumen, serta menjual produk atau jasa untuk mendulang profit. Korean food merupakan makanan yang cukup digemari karena banyak masyara- kat yang menyukai budaya korea. Pemerintah kota Tegal melakukan penataan Kawasan jalan Ahmad Yani menjadi tempat wisata sehingga pedagang menjual makanan menggunakan food truck. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan bertujuan untuk menghetahui peluang bisnis pendirian Korean food. Dan untuk menghetahui persaingan bisnis dalam pendirian Korean food dengan kompetitor. Hasil penelitian mengenai strategi bisnis Korean food menggunakan food truck dengan analisis SWOT dihasilkan 4 strategi alter- natif yaitu strategi kekuatan-peluang (strength-opportuniti) dengan cara memper- luas pangsa pasar, meningkatkan kualitas produk, memakai wifi portable, menambahkan kursi dan meja untuk konsumen, serta menambahkan tenda payung. Selanjutnya strategi kelemahan-peluang (weaknesses-opportuniti) yaitu dengan menambah variasi menu, menjalankan strategi promosi dengan sosial me- dia, mengadakan harga promo, dan menambah aksesoris pada food truck. Strategi yang ketiga adalah kekuatan-ancaman (strength-threats) yaitu dengan cara me- maksimalkan promosi produk yang sudah terkenal dan menawarkan harga produk yang lebih terjangkau agar bersaing dengan kompetitor. Dan strategi yang terakhir adalah kelemahan-ancaman (weaknesses-threats) yaitu dengan meningkatkan strategi promosi, membeli bahan baku dengan harga murah, dan mengontrol harga produk untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Dari strategi tersebut posisi dari bisnis ini relatife kuat dan dapat bersaing dengan kompetitor. kata kunci : analisis SWOT, Korean food, food truck

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:57
Last Modified: 13 Mar 2023 03:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item