BISNIS WARALABA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

DEWI PRATIKA, . (2023) BISNIS WARALABA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Dewi Pratika (Cover - BAB 2) - Dewi Pratika.docx
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Dewi Pratika (BAB 3 - BAB 4) - Dewi Pratika.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
Dewi Pratika (Daftar Pustaka - Lampiran) - Dewi Pratika.docx

Download (88kB)

Abstract

Bisnis waralaba merupakan sebuah bisnis atau usaha yang dijual kepada pembeli atau yang biasa disebut dengan franchisee, lalu si pembeli tersebut menjalankan usahanya berdasarkan ketentuan dari pihak penjual atau pemilik bisnis yang disebut franchisor. Penyelenggaraan waralaba di Indonesia diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba. waralaba dapat dilakukan sesuai dengan hukum Islam serta tertuang dalam Pasal 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang waralaba, tanggal 18 Juni 1997, dan Pasal 1 Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Nomor 259/MPP/KEP/7/1977 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tinjauan bisnis waralaba dalam hukum Islam serta mengkaji status bisnis waralaba di Indonesia yang sudah menerapkan hukum Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) merupakan pengumpulan informasi dan data dengan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau sekunder karena tidak mendapatkan data secara langsung tetapi melalui perantara. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan normative karena penelitian ini meletakan hukum Islam sebagai dasar dalam bisnis waralaba. Hasil penelitian ini menunujukan penerapan bisnis waralaba dalam hukum Islam serta status bisnis waralaba di Indonesia yang sudah menerapkan hukum Islam beserta beberapa contoh perusahaan atau bisnis waralaba yang menggunakan sistem bisnis Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi dalam bisnis waralaba dari sudut pandang Hukum Islam serta rekomendasi Langkah bisnis waralaba sesuai dengan Hukum Islam. Kata Kunci : Bisnis Waralaba, Bisnis Syariah, Waralaba Dalam Islam

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:24
Last Modified: 30 May 2024 01:05
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item