Atika Rahmawati, . (2023) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIASL INSTAGRAM PADA AKUN @SARITIW TERHADAP MINAT FASHION DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Text
ATIKA COVER LEMBAR PENGESAHAN - BAB 4 - Atika Rahma.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
ATIKA BAB 5-BAB 7 - Atika Rahma.docx Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Atika Rahma.docx Download (2MB) |
Abstract
Atika Rahmawati, 2219500021. PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @SARITIW TERHADAP MINAT FASHION DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Pembimbing I : Diryo Suparto, M.Si. Pembimbing II : Sarwo Edy, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal. Kepercayaan diri pada saat ini menjadi masalah yang sering dialami oleh para remaja termasuk pada mahasiswi, terlebih ketika menggunakan media sosial. Bahkan menurut psikolog, media sosial pada saat ini merupakan salah satu faktor pemicu krisis kepercayaan diri pada mahasiswi. Namun disisi lain, penggunaan media sosial menjadi suatu kebutuhan untuk memperoleh sumber informasi, salah satunya yaitu mengenai konten fashion. Salah satu media sosial yang sering digunakan oleh mahasiswi sekarang adalah Instagram. Instagram digemari karena adanya fitur pengikut, penggunahan foto, kamera efek, arobba (@), dirrect massage dan instastory. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah individu yang memiliki minat fashion akan terpengaruh kepercayaan dirinya dengan mengakses media sosial instagram pada akun @saritiw. Dalam membantu penelitian, digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pursosive sampling. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 213 mahasiswi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas pancasakti tegal pengikut aktif akun Instagram @saritiw dengan mengisi kuesioner penyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat fashion dengan dengan indikator minat transaksional, minat refrensional dan minat ekploratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri mahasiswi. Selain itu, mengakses media sosial Instagram dengan indikator frekuensi, perhatian, penghayatan dan durasi memperkuat pengaruh minat fashion terhadap kepercayaan diri mahasiswi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas pancasakti tegal. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi pengaruh mengakses media sosial Instagram pada akun @saritiw, maka pengaruh minat fashion dan kepercayaan diri mahasiswi semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, minat fashion dan intensitas mengakses media sosial instagram mempengaruhi kepercayaan diri mahasisiwi dalam kategori positif dan signifikan, maka dalam hal ini media sosial instagram berperan dalam membangun kepercayaan diri mahasisiwi. Kata Kunci : Mengakses Instagram, Minat Fashion, Kepercayaan diri.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 05:55 |
Last Modified: | 30 May 2024 07:09 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7703 |
Actions (login required)
View Item |