MUHAMMAD MISBAKHUL ANAM, . (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS LITERASI SAINS BERVISI SETS TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB 3 - muhammad misbakhul anam.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4 - BAB 5 - muhammad misbakhul anam.docx Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - muhammad misbakhul anam.pdf Download (4MB) |
Abstract
Anam, Muhammad Misbakhul (2023) “Implementasi Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Literasi Sains Bervisi SETS Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP”. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M.Pd. Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : Media Monopoli, SETS, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan kolaborasi siswa antara yang menggunakan media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS dan tidak menggunakan media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS pada materi tata surya. (2) mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS terhadap hasil belajar pada materi tata surya. (3) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS dan tidak menggunakan media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS pada materi tata surya. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest-posttest, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini yaitu (1) keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen sebesar 62,24% dengan kategori kolaboratif dan kelas kontrol sebesar 49,85% dengan kategori cukup kolaboratif. (2) media pembelajaran monopoli berbasis literasi sains bervisi SETS efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83,33% dan N-Gain Score sebesar 0,78 dengan kategori efektif. (3) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan analisis independent sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai sig yang diperoleh pada yaitu 0,002 < 0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 02:48 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8080 |
Actions (login required)
View Item |