PUJI RACHMAWATI, . (2023) RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI OVERTHINKING SAAT MENGHADAPI PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS X SMA NU 01 HASYIM ASY'ARI TARUB TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1-3 - Puji Rachmawati.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4-5 - Puji Rachmawati.docx Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Puji Rachmawati.docx Download (3MB) |
Abstract
RACHMAWATI, PUJI. 2023. “Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Overthinking Saat Menghadapi Penilaian Akhir Semester Kelas X SMA NU 01 Hasyim Asy'ari Tarub Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Sri Adi Nurhayati, S.Psi. MM. Pembimbing II : M. Arif Budiman, S M.Pd. Kata Kunci : Rational Emotive Behaviour Therapy, Overhinking, Penilaian Akhir Semester Penelitian ini dilatar belakangi masa remaja rentan mengalami overthinking, berbagai masalah yang sering dialami anak remaja diantaranya masalah percintaan, pertemanan maupun dalam pendidikan. Salah satu overthinking yang dialami remaja adalah ketika menghadapi ujian karena ada perasaan cemas dan takut ada hal buruk akan terjadi saat ujian. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: Faktor- faktor overthinking saat menghadapi penilaian akhir semester peserta didik kelas X. Efek dari overthinking saat menghadapi penilaian akhir semester peserta didik kelas X. Pelaksanaan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam mengurangi overthinking saat menghadapi penilaian akhir semester. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis kausal. Populasi sebanyak 89 dan sampel 8 peserta didik yang memiliki tingkat overthinking tinggi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, skala psikologi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: faktor peserta didik mengalami overthinking diantaranya peserta didik melakukan belajar dengan sistem kebut semalam, ragu dengan kemampuan menghadapi penilaian akhir semester, dan merasa takut soal yang diberikan akan sulit. Efek peserta didik overthinking diantaranya peserta didik lupa dengan materi saat mengerjakan soal ujian, peserta didik sulit untuk berkonsentrasi ketika mengerjakan, dan peserta didik khawatir dengan hasil nilai yang akan diperoleh. Hasil uji regresi diperoleh signifikansi 0,003 < 0,05 maka rational emotive behaviour therapy dapat mengurangi overthinking saat menghadapi penilaian akhir semester peserta didik kelas X SMA Hasyim Asy’ari Tarub. Saran yang diajukan kepada sekolah untuk memaksimal layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy untuk mengurangi overthinking saat menghadapi penilian akhir semester pada peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 03:35 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8153 |
Actions (login required)
View Item |